Menteri Agama RI Buka Secara Resmi Pekan Seni Dan Olahraga Di UIN Bandung

Nusantaratv.com - 10 Agustus 2022

Menteri Agama RI Yakut Cholil Qoumas saat pembukaan Pesona1 2022 di UIN Bandung.
Menteri Agama RI Yakut Cholil Qoumas saat pembukaan Pesona1 2022 di UIN Bandung.

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bunyi angklung yang dimainkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yakut Cholil Qoumas, Guburnur Jawa Barat Ridwan kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, dan Rektor UIN Sunang Gunung Djati Bandung Prof Mahmud, menandai telah dibukanya ajang nasional, Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona 1) 2022 di UIN Bandung Selasa malam, (9/8/22).

Ajang bergengsi ini baru pertama kalinya digelar secara nasional, dengan cara hybrid, yaitu luring dan daring.

Dalam lomba Pesona 1 ini ada 22 cabang lomba yang diperlombakan, terdiri dari 12 cabang lomba seni dan 10 cabang di bidang olahraga.

Lomba pesona 1 ini baru pertama kali diadakan, dan diikuti oleh 61 perguruan tinggi keagamaan negeri, 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan 3 non perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Dalam sambutannya menteri agama republik indonesia mengatakan bahwa olahraga serta seni tidak bisa dipisahkan dari agama, sehingga dirinya meminta agar kegiatan ini jangan sampai berhenti terlebih lagi sudah ada piala bergilirnya.

"Jadi sudah benar kalau UIN menjadi tuan rumah lebih benar lagi kalau Kementerian Agama menyelenggarakan peralatan seperti ini pertandingan seni dan olahraga, olahraga agama dan Tuhan itu merupakan satu tarikan nafas yang tidak bisa dipisahkan," kata Menteri Agama RI dalam sambutannya.

Pada pembukaan pesona satu ini dihadiri oleh para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan se Indonesia, tidak hanya Perguruan Tinggi Kegamaan Negeri Islam, namun juga dari Perguruan Tinggi Negeri Non Islam.

Lomba ini mengusung tema "spirit of harmony" dengan harapan para mahasiswa dari perguruan tinggi agama islam negeri mampu menyumbangkan atlet-atlet nasional baik untuk ajang nasional maupun ajang olahraga internasional.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close