Menlu Retno Marsudi Dorong Slovenia Manfaatkan Presidensi DK PBB Dukung Palestina

Nusantaratv.com - 28 September 2024

Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan PM Slovenia, Dr. Robert Golob berlangsung disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, pada Jumat (27/9/2024). (Foto: Dok/Humas Kemenlu)
Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan PM Slovenia, Dr. Robert Golob berlangsung disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, pada Jumat (27/9/2024). (Foto: Dok/Humas Kemenlu)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Slovenia, Dr. Robert Golob. 

Slovenia merupakan penjabat Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk bulan September 2024.

Pertemuan Menlu Retno dengan Dr. Robert Golob berlangsung disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat (AS), pada Jumat (27/9/2024).  

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno mengapresiasi keputusan Slovenia yang telah mengakui kedaulatan Palestina pada 4 Juni 2024. 

Slovenia secara konsisten menyerukan pentingnya gencatan senjata dan kelancaran pemberian bantuan kemanusiaan bagi Gaza, serta memiliki posisi yang konsisten dalam mendukung kerja UNRWA.

"Indonesia berharap agar Slovenia, sebagai Presidensi DK PBB, terus mendorong perjuangan rakyat Palestina, termasuk melalui pengiriman bantuan kemanusiaan, dan mendesak Israel hentikan kekejaman dan pendudukannya di Palestina," ujar Menlu Retno dalam keteranganya, Sabtu (28/9/2024).

Menlu Retno juga mengajak Perdana Menteri Slovenia untuk mendorong kerja sama di bidang air, terutama melalui saling tukar pengalaman dan alih teknologi untuk memastikan akses air bersih bagi negara-negara yang membutuhkan. 

Isu air dan kebencanaan tengah menjadi perhatian di tengah bencana Badai Boris yang menerjang kawasan tengah dan timur Eropa, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir hingga tak teraliri listrik.

Perdana Menteri Slovenia juga sepakat untuk mendorong kerja sama yang lebih konkret salah satunya dalam pemanfaatan teknologi super computer, kecerdasan buatan, dan teknologi satelit dalam memantau cuaca dan sumber daya air.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close