Menko Luhut Minta Penanganan Citarum Bersih dan Menarik

Nusantaratv.com - 15 Maret 2022

Menko Luhut saat ke bandung. Foto: Humas Pemkab Bandung
Menko Luhut saat ke bandung. Foto: Humas Pemkab Bandung

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan penanganan daerah aliran Sungai (DAS) Citarum di Jawa Barat sudah mencapai 80 persen.

"Sisanya 20 persen lagi," kata Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Dadang Supriatna dan jajaran Forkopimda Jabar serta Kabupaten Bandung dalam keterangannya saat meninjau IPAL Bojongsoang Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022).

Menurut Luhut dalam penanganan DAS Citarum tak hanya bersih, tapi harus menarik. Ia pun mengapresiasi ide Gubernur Jabar, yang dinilai sangat hebat dan baik dalam penanganan DAS Citarum. Luhut pun turut mengapresiasi apa yang disampaikan Bupati Bandung H.M.Dadang Supriatna dalam penanganan banjir akan menyiapkan lahan seluas 48 hektare untuk pembangunan danau buatan di kawasan Tegalluar Kecamatan Bojongsoang. 

Luhut pun mengungkapkan apa yang menjadi ide Gubernur Jabar dan Bupati Bandung terkait dalam pengelolaan DAS Citarum atau lingkungan sekitar itu untuk membuat daerah ini lebih baik lagi.

"Rakyat supaya nurut karena pemerintah tak mungkin membuat yang jelek," katanya.

Luhut menyebutkan IPAL yang ada di Bojongsoang itu untuk mengurangi limbah terbuang ke Sungai Citarum.

"Proses IPAL di sini (Bojongsoang), saya lihat prosesnya sudah sangat baik," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, IPAL Bojongsoang itu walaupun asetnya milik Kota Bandung, tapi kebermanfaatannya tidak hanya untuk Kota Bandung.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close