Menhub soal Kecelakaan Maut Tol Cikampek: Kalau Contra Flow di Situ Aja, Jangan Belok Kanan-Kiri!

Nusantaratv.com - 08 April 2024

Kecelakaan maut di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Instagram)
Kecelakaan maut di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Instagram)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pengemudi agar tak belok kanan maupun kiri kala berada di jalur contra flow. Sebab jika tidak, akan ada masalah yang terjadi. Ini disampaikan Budi menyikapi peristiwa kecelakaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

"Kalau contra flow ya di situ aja. Jangan belok kanan, belok kiri. Contra flow ini memang ada sedikit risiko lah. Kalau dia jalan penuh, kalau yang ini melanggar, ya bukan salah dia. Tapi kalau dia belok ke kanan masuk ke jalur kontra, ini masalah," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Senin (8/4/2024).

Menurut dia, peristiwa kecelakaan di Jalan Tol Cikampek KM 58, merupakan musibah dan menjadi pembelajaran agar lebih baik ke depan. Walau demikian, ia menegaskan contra flow takkan dihentikan.

"Kejadian itu tidak membuat contra flow dan one way itu berubah. Karena one way dan contra flow sebenarnya sudah jauh hari, kita sudah diskusikan dengan polisi, hari rumahnya sudah tertentu. Tinggal kita ingatkan pada masyarakat, yang namanya contra flow itu jangan ke kanan ke kiri, ya di situ saja gitu ya," jelas dia.

Budi menegaskan, penerapan contra flow dan one way sudah sesuai dengan perhitungan. Pihak Jasa Marga pun telah menebar CCTV di setiap titik-titik di jalan tol.

"Apakah contra flow, apakah one way, tidak ada yang salah. Kita akan melakukan sesuai dengan proyeksi berapa pergerakan yang akan terjadi pada satu saat. Dan Jasa Marga sudah memiliki kamera-kamera yang jaraknya 200 km atau 100 km. Yang bisa memberikan satu umpan balik kepada titik-titik tertentu untuk dioperasikan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close