Menhub: Rekayasa Lalin Pangkas Separuh Waktu Perjalanan Mudik

Nusantaratv.com - 09 Mei 2022

One way tol. (Suara.com)
One way tol. (Suara.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut rekayasa lalu lintas (lalin) selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, memangkas separuh waktu perjalanan.

Budi menuturkan, waktu tempuh perjalanan dari Semarang, Jawa Tengah ke Jakarta saat ini tak lebih dari enam jam. Sementara waktu tempuh normal bisa mencapai lebih dari 11 jam.

"Dari data yang kami peroleh apabila tidak dilakukan rekayasa, maka perjalanan dari Semarang menuju Jakarta itu adalah 11 jam 37 menit," ujar Budi di KM 70 Gerbang Tol (GT) Jakarta Cikampek, Minggu (8/5/2022).

Ia memaparkan sebelum, saat, dan sesudah masa libur Lebaran, pemerintah telah memberlakukan empat rekayasa lalu lintas guna mencegah kepadatan kendaraan.

Empat rekayasa lalu lintas ini antara lain one way, contraflow, ganjil-genap, dan membatasi kendaraan besar atau sumbu tiga.

Budi menilai, saat masa arus balik ini tidak ada kemacetan akibat kepadatan kendaraan yang datang dari Jawa dan Bakauheni ke Jakarta.

Ia mengatakan 40 ribu kendaraan telah kembali dari Pelabuhan Bakauheni ke Jakarta. Sementara itu, lebih dari 170 ribu kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Jawa.

"Di jalan menuju ke Jakarta hingga tadi malam terdapat 170 ribu, melampaui dari 2019. Pada saat 2019 ada 166 ribu dengan susah payah dikelola," jelas Budi.

Hingga H+5 lebaran, aparat kepolisian bersama Jasa Marga terus memberlakukan rekayasa lalu lintas dari Tol Semarang hingga Jakarta secara dinamis.

Rekayasa dilakukan terutama dengan menerapkan one way di ruas tol arah Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close