Menhub Kaji 2 Opsi Cegah Arus Balik Macet

Nusantaratv.com - 05 Mei 2022

Arus mudik. (Suara.com)
Arus mudik. (Suara.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengkaji dua opsi kebijakan baru guna mencegah kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran 2022. Dua opsi itu berkaitan pengendalian volume kendaraan yang masuk ke jalan tol. Budi mengatakan dua opsi itu bakal dimatangkan hari ini. 

"Apakah itu kita membatasi tambahan pasokan dari kota-kota kecil di sepanjang pantai utara, apakah kita memberikan suatu batasan pada supply one way yang ada pada pemindahan pada jalur arteri. Besok kita akan (bahas)," kata Budi, Rabu (4/5/2022).

Budi menjelaskan, akan ada rapat pembahasan opsi-opsi itu pada Kamis. Ia akan mengundang Kepala Korlantas Polri dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, dikutip dari CNNIndonesia.com, pemerintah juga akan menerapkan empat kebijakan lalu lintas yang sudah dipakai pada arus mudik. Pemerintah akan menerapkan kebijakan one way, contra flow, ganjil-genap, dan larangan truk masuk tol.

"Yang jelas empat rekayasa tetap berjalan dengan baik," kata Budi.

Sebelumnya, pemerintah mengantisipasi kemacetan pada arus balik pada 6-8 Mei. Presiden Jokowi meminta masyarakat pulang dari kampung halaman sebelum atau sesudah puncak arus mudik pada periode itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close