Mengenal Sosok AKBP Waode Saryna, Polwan Tangguh yang Ingin Bangun Daerahnya

Nusantaratv.com - 15 Juli 2023

AKBP Waode Saryna, SH
AKBP Waode Saryna, SH

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Sosok Polisi Wanita (Polwan) bernama AKBP Waode Saryna, SH memang belum banyak dikenal masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun di institusi Polri, namanya sangat dikenal sebagai wanita tangguh dengan segudang prestasi yang mentereng.

Tak mau menyia-nyiakan bakatnya, wanita kelahiran 11 Maret 1963 itu berniat pulang kampung ke Muna Barat untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati Periode 2024 - 2029 demi membangun tanah kelahirannya.

Niat itu tulus dan murni dari hati nurani untuk mensejahterakan masyarakat Sultra agar bisa sejajar dengan daerah lain.

Untuk diketahui, AKBP Waode Saryna merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara pasangan Laode Matalagi dan Waode Rai (Almarhum).

 Ayah Waode Saryna adalah seorang Pensiunan Kepala Sekolah SD yang juga merupakan Guru SD di Kabupaten Muna Barat dan Ibunya adalah seorang Ibu Rumah tangga.

Waode Saryna adalah wanita tangguh Perwira Mabes Polri Berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dengan Jabatan Kanit IV Subdit 1 Ditkamneg Baintelkam Polri.

Ia lahir di Walengke dan dibesarkan di Muna Barat serta menamatkan Sekolah Dasarnya di SD Matakidi Tahun 1974, Setelah itu melanjutkan studinya di SMP Lasosodo dan lulus di Tahun 1977, Kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri Raha dan lulus pada Tahun 1981. Pada tahun 2011, Waode Saryna masuk di Universitas Bung Karno dan Lulus di Tahun 2015 dengan Gelar Sarjana Hukum.

Namun, sebelum duduk di bangku kuliah tepatnya usai tamat SMA pada tahun 1981, Waode Saryna langsung mendaftarkan diri di Kepolisian karena cita-cita beliau sejak kecil ingin menjadi anggota Polri.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close