Menang di Jatim, Suara Jokowi saat Pilpres 2019 'Lari' ke Prabowo-Gibran

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo tengah makan bakso dan minum air kelapa.
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo tengah makan bakso dan minum air kelapa.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Hasil survei terkini Poltracking Indonesia, calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 itu mencapai 60,1 persen diikuti pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 17,2 persen.

Sementara pasangan no urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 14,9 persen. Padahal Muhaimin atau Cak Imin merupakan Ketua Umum PKB yang dianggap terafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). NU sendiri memiliki pengikut yang jumlahnya besar di Jatim. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR pun menjelaskan peta dukungan masing-masing capres-cawapres di Jatim. Jawa Timur sendiri dibagi menjadi empat wilayah dengan budaya yang berbeda. Antara lain Mataraman atau wilayah yang dekat dengan Surakarta dan Yogyakarta, lalu Pantura dan Arek yang dekat dengan Surabaya sekitarnya, Madura, dan Tapal Kuda atau Banyuwangi sekitarnya. 

"Tren elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang naik signifikan, membuat basis pemilih ikut bergeser dibandingkan dengan September 2023," ujar Hanta Yuda dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024). 


Berdasarkan wilayah algomerasi-kultural, kata Hanta Yuda, wilayah Mataraman yang awalnya menjadi basis Ganjar Pranowo, bergeser ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Sementara wilayah Pantura dan Arek pada September 2023 menjadi wilayah berimbang antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, pada Januari 2024 cenderung kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka," kata Hanta Yuda. 

Adapun wilayah Madura yang awalnya kompetitif antara Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, lanjut dua, hingga saat ini masih menjadi wilayah kompetitif antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Sedangkan wilayah Tapal Kuda, masih menjadi basis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

"Pergeseran pemilih di wilayah algomerasi-kultural seperti Mataraman, Arek, Pantura dan sebagian Tapal Kuda juga menandakan pergeseran pemilih Joko Widodo 2019 ke pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka," tandasnya.

Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2024 di 11 daerah pemilihan (dapil) DPR RI Jawa Timur, dengan responden sebanyak 8.000 orang. Survei menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error +/- 1.1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close