Megawati sampai Ganjar Hadiri Peresmian Patung Bung Karno di Jogja

Nusantaratv.com - 23 Agustus 2023

Megawati Soekarnoputri dan Ganjar Pranowo. (Net)
Megawati Soekarnoputri dan Ganjar Pranowo. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri acara peresmian patung Bung Karno di Oemah Petroek, Yogyakarta. Bakal capres PDIP Ganjar Pranowo turut hadir dalam acara peresmian tersebut. 

Pada Rabu (23/8/2023) Megawati tiba sekitar pukul 12.55 WIB. Megawati didampingi langsung oleh Ganjar Pranowo hingga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Terlihat Megawati mengenakan pakaian berwarna putih dengan selendang berwarna biru dongker. Sementara Ganjar tampak memakai seragam berwarna hitam.

Rombongan Megawati lalu berjalan ke area pendopo. Mereka memperhatikan karya foto tentang Bung Karno yang sudah dipersiapkan oleh tim acara.

Sekretaris DPD PDIP DIY Totok Hedi Santosa yang juga Ketua Panitia menyebut sosok Bung Karno dihadirkan lantaran rekam jejaknya bagi Indonesia. Patung yang hadir di Oemah Petroek memiliki cerita dengan kesannya masing-masing.

"Bagaimana kita mencoba mengabadikan bahwa ini bagian dari sejarah perjalanan sebuah bangsa. Jadi, siapapun patung-patung itu memang sangat ada besar kemungkinannya untuk kita bangun di sini," ujar Sekretaris DPD PDIP DIY Totok Hedi Santosa, di lokasi.

Menurutnya, Bung Karno merupakan pemimpin bangsa yang memiliki sejarah panjang bagi Bangsa Indonesia. Dengan hadirnya Bung Karno di Oemah Petroek, maka menandakan sosoknya selalu ada di akar rumput.

"Bung Karno sebagai penanda bagi kita semua bahwa Bung Karno dari awal memahami bahwa bangsa kita ini beraneka, bermacam-macam sehingga harus disatukan di dalam satu kerangka yang kita kenal sebagai Pancasila itu. Patung ini menjelaskan kepada kita bahwa Bung Karno hadir di sini, Bung Karno hadir di akar rumput," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close