Mayoritas 'Exit Poll' Isyaratkan Partai yang Dipimpin Narendra Modi Menangi Pemilu India

Nusantaratv.com - 02 Juni 2024

Perdana Menteri India Narendra Modi tiba untuk mengambil bagian dalam KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, 16 September 2022. (Foto: Sputnik/Sergey Bobylev/Pool via REUTERS)
Perdana Menteri India Narendra Modi tiba untuk mengambil bagian dalam KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, 16 September 2022. (Foto: Sputnik/Sergey Bobylev/Pool via REUTERS)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mayoritas hasil survei terhadap para pemilih yang baru melakukan pencoblosan di bilik suara atau exit poll pada Sabtu (1/6/2024) mengisyaratkan aliansi Partai Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi menang dalam pemilihan umum (Pemilu) tujuh tahap di Negeri Bollywood tersebut.

Dilansir dari Anadolu Agency, Minggu (2/6/2024), jajak pendapat tersebut memperkirakan lebih dari 350 kursi parlemen India dimenangkan Aliansi Demokratik Nasional yang berkuasa dari jumlah 543 kursi yang tersedia.

Kendati demikian, penghitungan resmi akan dilakukan pada 4 Juni nanti. Sementara itu, aliansi oposisi INDIA, yang dipimpin Kongres Nasional India, diperkirakan memperoleh kurang dari 200 kursi pada Pemilu ini.

Pemungutan suara untuk 57 daerah pemilihan parlemen terakhir diadakan pada Sabtu. Komisi Pemilu sebelumnya menyampaikan, tahap terakhir ini menandai "penyelesaian besar maraton Pemilu terbesar di dunia" yang dimulai pada 19 April.

Pemungutan suara telah dilakukan untuk 486 dari 543 kursi parlemen di negara tersebut. Pemilu ini pada dasarnya merupakan pertarungan antara Aliansi Demokratik Nasional, pimpinan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, dengan aliansi oposisi INDIA.

Setelah pemungutan suara berakhir pada Sabtu, aliansi oposisi mengklaim jika mereka dapat memenangkan 295 kursi.

Sementara partai Modi mengatakan mereka telah meraih kemenangan lebih dari 370 kursi pada hasil Pemilu 4 Juni mendatang.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close