Maunya Fortuner, Kajati Riau Kembalikan Mobil Listrik Rp1,8 M dari Pemprov

Nusantaratv.com - 06 Juni 2023

Toyota bZ4X. (Net)
Toyota bZ4X. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Supardi memutuskan mengembalikan mobil listrik hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Sebagai gantinya, Supardi meminta ganti mobil jenis Toyota Fortuner yang dinilai layak dan bisa dipakai ke daerah.

"Kita butuh kendaraan. Saya mencari yang bisa untuk luar kota. Mobil listrik itu khusus dalam kota bagus," ujar Supardi, Senin (5/6/2023). 

"Seandainya fasilitas di sana, di daerah sudah ada ya bagus juga. Sudah tak tuker, pokoknya mobil besar gitulah. Fortuner biasa," sambungnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah lama meminta mobil dinas kepada Pemprov Riau. Mobil dinas itu bakal digunakan untuk kunjungan ke daerah.

Diketahuinya, Pemprov Riau membeli delapan mobil listrik baru untuk pejabat di Riau. Mobil listrik itu dibeli dengan APBD Provinsi Riau 2023. Harga satu unit mobil Toyota bZ4X itu Rp 1,3 miliar.

"Harga per unit Rp 1,3 miliar, sebanyak 8 unit," ujar Kepala Biro Umum Pemprov Riau, Herman, Senin (3/4/2023). 

Delapan unit mobil listrik ini disiapkan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, Sekdaprov Riau. Selain itu juga untuk Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dan Kapolda Riau.

Adapun dua unit lainnya bakal dipakai Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru danBadan Penghubung yang ada di Jakarta. Badan Penghubung juga mendapat mobil listrik itu agar dapat dipakai gubernur saat dinas ke ibu kota.

Gubernur Syamsuar menjelaskan, pengadaan mobil listrik itu menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik. Terutama Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

"Pemerintah sudah menginstruksikan agar berangsur-angsur beli mobil listrik. Ini di Jakarta sudah jelas, kalau mobil ini ganjil genap bisa," tandas Syamsuar, Senin (3/4/2023). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close