Mahasiswa Demo Bakar Spanduk Prabowo-Gibran di Depan Istana

Nusantaratv.com - 07 Februari 2024

Demo mahasiswa di Istana Merdeka, Jakarta. (Merdeka.com)
Demo mahasiswa di Istana Merdeka, Jakarta. (Merdeka.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi menggelar unjuk rasa di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024) sore. Mereka menuntut pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Dalam aksinya, mahasiswa sempat membakar sejumlah spanduk caleg dan capres yang ditemukan ketika long march dari Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Dari beberapa spanduk, ada spanduk bergambar capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami kumpulkan banner itu yang sudah rusak. (Ini pesan) kepada partai politik yang memainkan sandiwara selama masa kampanye ini," ujar koordinator lapangan aksi, Fadli. 

"Tidak ada memperjuangkan kepentingan rakyat, tapi memperjuangkan kepentingan pemenangannya saja," sambungnya. 

Massa juga membakar ban bekas yang sudah disiapkan, sambil berorasi menyerukan tuntutannya. Adapun tuntutan mereka yaitu:

- Makzulkan Presiden Jokowi

- Boikot parpol yang tak mendukung pemakzulan Presiden Jokowi

- Desak para menteri mundur dari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

- Menyerukan protes di berbagai daerah di seluruh Indonesia sampai Presiden Jokowi dimakzulkan

Mereka juga menyoroti 10 isu lain, yakni pemilu curang, KKN, konflik agraria, monopoli SDA, kerusakan lingkungan, pendidikan dan kesehatan mahal, kebebasan sipil, keadilan ekonomi dan gender, kekerasan aparat, serta produk hukum bermasalah.

Massa pun mulai membubarkan diri sekitar pukul 19.30 WIB. Satu per satu mahasiswa yang mengenakan jas almamater meninggalkan lokasi demo, yang diikuti mobil komando tempat orator berdiri. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close