Mataram Tanpa Kasus COVID-19 Sejak Awal Desember

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Arsip Foto. Pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat pertama pada warga lanjut usia di Kota Mataram, Provisi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)
Arsip Foto. Pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat pertama pada warga lanjut usia di Kota Mataram, Provisi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat berada di zona hijau atau zona tanpa kasus COVID-19 sejak awal Desember 2022 menurut pejabat Dinas Kesehatan setempat.

"Alhamdulillah, dari laporan dari sistem NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan RI yang kami terima sejak minggu pertama Desember, Mataram sudah nol kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. H. Usman Hadi di Mataram, Senin.

Ia menjelaskan, sekitar 50 penderita COVID-19 yang menurut data pemerintah pada 21 November 2022 masih menjalani perawatan dan atau isolasi mandiri di Kota Mataram semuanya sudah sembuh dan selesai menjalani karantina.

"Pasien positif COVID-19 itu rata-rata bergejala ringan dan tanpa gejala, sehingga pasien cukup istirahat dan minum vitamin," katanya.

Meski angka kasus COVID-19 di Kota Mataram sudah nol, Usman mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan, minimal memakai masker dan mencuci tangan setelah beraktivitas, serta menjalani vaksinasi hingga dosis penguat.

"Pasalnya, tingkat efikasi dua kali vaksin terhadap penularan COVID-19 sekitar 63 persen, tapi jika ditambah booster (penguat) bisa mencapai di atas 90 persen," katanya.

Ia mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi COVID-19 tersedia puskesmas dan rumah sakit pemerintah.

"Masyarakat tinggal datang langsung ke puskesmas, petugas siap melayani," katanya.

Dia juga mengimbau warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna menghindari penularan penyakit.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])