Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes Selama Perhelatan MXGP Of Indonesia Samota 2022

Nusantaratv.com - 27 Juni 2022

Asisten 3 Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi. Foto (Ist.)
Asisten 3 Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi. Foto (Ist.)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memberi perhatian serius terhadap penerapan protokol kesehatan selama berlangsungnya penyelenggaraan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia Samota 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten 3 Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi kepada puluhan pewarta cetak, elektronik dan online di Media Center MXGP Samota Sumbawa, Minggu (26/6/2022).

Menurut Dewi, penerapan prokes yang sangat ketat tersebut dilakukan berdasarkan surat edaran dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Nomor 20 Tahun 2022 dimana kegiatan berskala besar yang melibatkan banyak orang harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Event MXGP di Samota menerapan Prokes ketat,  termasuk penonton maupun panitia yang terlibat di dalamnya mesti sudah vaksinasi dosis booster," kata Dewi.

Untuk itu Dewi mengingatkan masyarakat pengunjung MXGP untuk selalu memperhatikan Prokes dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak atau 3 M bahkan 5 M yang sebelumnya sudah diberlakukan pada pelaksanaan MotoGP Mandaria, Lombok Tengah.

“Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) sudah punya pengalaman pola yang sama seperti di Mandalika. Dan saat MXGP ini kita sampaikan saja ke Satgas Nasional. Kalau Wasdal tetap kita kerjakan seperti di Mandalika,” pungkasnya.

Menurut Dewi, pihaknya juga sudah melakukan apa yang ada di surat edaran dari Satgas tersebut, yakni pemasangan aplikasi PeduliLindungi sudah disiapkan. Selain itu, penonton MXGP harus booster, maka pihaknya sudah menyiapkan tim vaksinator yang siap melakukan vaksinasi booster di Sirkuit Samota. 

Dikatakan Dewi, pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus untuk pelaksanaan prokes termasuk tim vaksinator di setiap pintu masuk. 

"Masyarakat akan didampingi petugas dari Polri, BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten, Dinas kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Sumbawa yang siap mensukseskan kebijakan pemerintah pusat ini," katanya.

Dewi menambahkan, pemerintah giat melakukan vaksinasi booster di Sumbawa. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban petugas vaksinator di pintu masuk sirkuit saat pelaksanaan event MXGP berlangsung. 

"Persentasi vaksinasi Booster di NTB sudah 28,8 persen dan dosis dua 90 persen dan untuk target nasional tahun ini boster adalah 70 persen," bebernya.

Dewi mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dengan melandainya kasus Covid-19 di NTB. Apalagi sekarang ini NTB menjadi tujuan banyak orang, sehingga penerapan prokes mesti dilakukan.

 “NTB jangan lengah, karena NTB menerima kunjungan yang mesti diwaspadai. Yogjakarta, Bali karena tingkat kunjungan wisatawan juga tinggi. Munculnya kasus varian baru, karena ada wisatawan yang kena di Bali,’’ tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])