Mantan Raja Spanyol Pulang Usai 2 Tahun Kabur ke UEA

Nusantaratv.com - 20 Mei 2022

Eks Raja Spanyol Juan Carlos. (Net)
Eks Raja Spanyol Juan Carlos. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Eks Raja Spanyol Juan Carlos akhirnya pulang ke negaranya pada Kamis (19/5/2022). Kepulangan pria berusia 84 tahun itu usai dirinya mengasingkan diri ke Uni Emirat Arab (UEA) selama dua tahun, menyusul skandal keuangan yang mengguncang Royal House.

Kabar ini diungkap salah satu rekan lama Carlos, Pedro Campos. Carlos juga disebut bakal mendarat di Kota Vigo pada Kamis malam. Lalu, Carlos akan pergi ke resort terdekat, Sanxenxo, untuk turut berpartisipasi dalam festival sailing regatta atau lomba berlayar.

"Dia sangat senang kembali dan berada di sini memulihkan diri usai dua tahun absen dan melakukan hal yang sangat disukai: berlayar," ujar Campors. 

Carlos bakal berlayar dengan kapal yang sesuai dengan kondisinya. Mengutip Reuters, dirinya tampak berjalan menggunakan tongkat.

Sementara itu, dalam pernyataan resmi Royal House menyebutkan bahwa kunjungan Carlos di Spanyol berlangsung selama lima hari, dan berakhir pada Senin (32/5/2022).

Hari terakhir di Spanyol, Carlos disebut akan mengunjungi anaknya di Madrid, Raja Felipe VI. Ia juga dilaporkan tak akan tinggal di istana Zarzuela tempat kediaman sang buah hati.

Carlos pernah menjadi sosok yang sangat disegani di Spanyol. Namun, popularitas itu runtuh usai serangkaian skandal yang disebut melibatkan dirinya. Spanyol pun menggelar investigasi dugaan penipuan oleh Raja Spanyol.

Usai penyelidikan dibuka, Carlos kabur ke Uni Emirat Arab pada Agustus 2020. Kini, ia tinggal permanen di negara Teluk itu, tapi Carlos berjanji akan sering berkunjung ke Spanyol usai penyelidikan terhadapnya ditutup.

Semenjak penyelidikan ditutup, pemerintah tak menentang Carlos berkunjung ke Spanyol. Tapi, beberapa menteri tetap menuntut penjelasan dari tindakan mantan raja itu.

"Rakyat Spanyol berhak menerima penjelasan," ujar Menteri Ekonomi Spanyol Nadia Calvino di stasiun radio, SER, Kamis (19/5/2022).

Kendati penyelidikan di Spanyol sudah ditutup, Carlos masih bisa diadili di Inggris dalam kasus pelecehan yang diajukan mantan kekasihnya yang berkewarganegaraan Denmark, Corinna zu Sayn-Wittgenstein.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])