Makna 'Segara Kerthi' Tema Pesta Kesenian Bali 2023

Nusantaratv.com - 29 Mei 2023

Pesta Kesenian Bali 2023
Pesta Kesenian Bali 2023

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengungkapkan bahwa tema Pesta Kesenian Bali 2023 'Segara Kerthi' merupakan implementasi dari visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'.

Dijelaskannya bahwa tema 'Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi' (Samudra Cipta Peradaban) dimaknai sebagai upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban.

Samudra melambangkan keluasan ilmu pengetahuan, kedalaman nilai-nilai luhur sekaligus muara berpadunya berbagai cipta, rasa dan karsa umat manusia yang melahirkan kebudayaan adiluhung yang merepresentasikan peradaban Krama Bali yang luhur, unggul, dan kawista.

"Samudra juga melambangkan peradaban Bali yang terbuka dengan berbagai kebudayaan masyarakat dari berbagai penjuru dunia serta berpadu secara harmonis dalam memberi warna pusparagam seni budaya Bali dan mengukuhkan Bali sebagai Pusat Peradaban Dunia (Bali Padma Bhuana). Sehingga, semua materi PKB merepresentasikan tema, Segara Kerthi," jelas Arya.

Terkait materi PKB 2023, Arya Sugiartha memaparkan bahwa Peed Aya kali ini tidak melibatkan perguruan tinggi yang ada, melainkan hanya diikuti oleh ISI Denpasar dan sembilan kabupaten/kota se-Bali.

"Duta kabupaten kota ini menyajikan garapan seni tradisi, klasik, dan kerakyatan yang dikemas dalam bentuk prosesi display sambil berjalan dengan merespons tema Segara Kerthi : Prabhaneka Sandhi (Samudra Cipta Peradaban) sesuai dengan potensi yang berkembang di wilayah masing-masing," ujarnya.

"Seperti di Kabupaten Badung karena terkenal dengan pariwisatanya, maka Pawai yang ditampilkan yaitu memaknai laut sebagai pariwisata. Begitu juga dengan daerah lainnya di Bali," sambungnya.

"Rekasadana (Pergelaran) selain menyajikan duta dari kabupaten/kota di Bali dan kelompok kesenian luar daerah. Duta kabupaten dan kota ini menampilkan kesenian khas kabupaten/kota, sehingga pergelaran itu menjadi beda. Selain itu juga melibatkan sebanyak 14 kelompok kesenian luar daerah, seperti dari Jakarta, Yogyakarta, Seleman, Bekasi, Kabupaten Penajam Paser Utara, NTT, Betawi, dan daerah lainnya," lanjut Arya.

Ia juga mengungkapkan jika sebelumnya drama gong disajikan secara parade, kali ini juga ada lomba drama gong untuk memberikan kesempatan generasi muda berkreasi.

Selain itu, Pesta Kesenian Bali 2023 juga akan menyajikan kesenian joged bungbung untuk menangkal joged jaruh dan joged ngebor, tetapi Bali memiliki joged tradisi yang khas.

"Selain lomba drama gong, ada pula lomba baleganjur, barong ket, dan gender wayang tingkat anak-anak. Ada juga fashion dari para desainer menampilkan busana adat Bali, berpasangan dan busana malam, dan busana toga," ungkapnya.

Sementara itu, PKB 2023 juga diramaikan dengan beberapa pameran, seperti pameran seni rupa, pameran Bali Bangkit dan stand kuliner yang hanya mengoptimalkan stand di Taman Budaya, memakai areal parkir di sebelah selatan dan di belakang Ksirarnawa.

Pembukaan Pesta Kesenian Bali 2023 juga akan menampilkan pameran lukisan gaya Kamasan, Batuan, Padangtegal yang melibatkan sekitar 80 seniman. Dan, pada perhelatan kali ini juga akan memberikan penghargaan kepada 10 pengabdi seni.

Menariknya, PKB 2023 juga diramaikan dengan gelaran World Culture Celebration yang melibatkan peserta dari luar negeri. Seperti, Jepang, Thailand, Australia, Gamut berkolaborasi dengan seniman Belgia, India, Malaysia dan China. Sementara Jantra Tradisi Bali meliputi Murtirupa (demonstrasi), Pacentokan (Lomba), dan Temu Wirasa (Sarasehan).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])