Mahfud Md Salat Id Sekaligus jadi Khatib di UGM, Tekankan Pentingnya Ilmu dan Minta Maaf

Nusantaratv.com - 10 April 2024

Mahfud Md/ist
Mahfud Md/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Mahfud MD melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 sekaligus menjadi khatib di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Masa (UGM), Rabu (10/4/2024).

Sedangkan yang menjadi imam adalah Imam Muda Masjid Kampus UGM, Muhammad Farhan Najib. Farhan memimpin salat Id bertajuk Meraih Fitrah Kembali Merekonstruksi Peradaban Ummat Islam.

Terlihat dalam kerumunan, Eks Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej dan Rektor UGM, Prof. Ova Emilia.

Salat Id yang dimulai pukul 6.45 WIB diikuti ribuan jemaah. Dilanjutkan ceramah Idul Fitri yang dibawakan Mahfud Md selama kurang lebih 30 menit.

Dalam khotbahnya, Mahfud MD menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan meminta dan memberi maaf. Dikatakan, kini ilmu pengetahuan berkembang dan bisa digunakan demi kemaslahatan umat masa kini.

Mahfud menyebut ilmuwan-ilmuwan Muslim berkontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

"Untuk itu, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak boleh netral, tetapi memihak untuk keselamatan umat manusia," ujarnya di hadapan jemaah Salat Ied.

Ditemui usai salat Id, Mahfud MD menyampaikan Hari Raya Idulfitri adalah momen yang tepat untuk menyucikan diri.

Mahfud juga menjelaskan soal pentingnya saling meminta dan memaafkan antarmanusia utamanya di momen Lebaran. Mahfud menyebut pemberian maaf dari orang-orang yang terlanggar hak-haknya turut berpengaruh dalam hisab di hari akhir nanti.

"Kita masuk ke tradisi, yakni saling meminta maaf karena jika tidak minta maaf, dosa itu tidak akan terhapus," mantan Menko Polhukam.

Mahfud menyatakan sesama anak bangsa, maka kita harus membangun peradaban yang lebih maju agar Indonesia bisa menatap masa depan yang lebih baik.

Usai salat Id, Mahfud langsung diserbu jemaah untuk berebut berswafoto. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close