Mahfud: Ada Rektor Diminta Nyatakan Jokowi Negarawan

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Cawapres Mahfud MD. (Net)
Cawapres Mahfud MD. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Cawapres Mahfud MD membeberkan dirinya menerima laporan beberapa rektor yang diminta membuat pernyataan yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) negarawan. Para rektor juga diminta menyatakan bahwa Jokowi berhasil mengatasi krisis hingga Pemilu 2024 berjalan baik.

"Yang harus melakukan langkah-langkah itu adalah pemerintah. Itu adalah laporan kepada saya dari beberapa rektor disuruh membuat pernyataan yang menyatakan bahwa Pak Jokowi itu orangnya negarawan, baik. Kedua, Pak Jokowi berhasil mengatasi krisis, yang ketiga pemilu berjalan baik dan sebagainya," ujar Mahfud di Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam.

Mahfud menjelaskan, pernyataan itu diatur dengan keterangan yang sama. Ia mengatakan ada juga sejumlah rektor yang menolak membuat petisi.

"Itu ada beberapa rektor yang disuruh. Ada yang kemudian membuat pernyataan, tapi template-nya sama. Lalu ada yang tidak mau, seperti itu, seperti Rektor Universitas Soegiyopranoto (Unika) memberi tahu kepada kami, 'kami disuruh membuat seperti ini. Ini teman kami sudah membuat pernyataan seperti ini', ada pernyataan rektor yang sama kayak template, ada yang samar-samar dan sebagainya," tuturnya.

Mahfud berpandangan, paksaan membuat pernyataan berupa petisi itu kurang sehat bagi demokrasi. Menurutnya hal itu bisa menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

"Menurut saya itu kurang sehat membuat tandingan-tandingan itu memecah belah masyarakat. Memecah belah kampus juga, oleh sebab itu kebebasan akademik kebebasan mimbar akademik itu harus dihormati karena seotoriter zaman Soeharto pun kebebasan mimbar akademik itu masih relatif cukup didengarkan dan masih berwibawa," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close