Luhut ke KSAD Jenderal Maruli: Di Papua Kalian Pakai Bullet Proof, Dulu Saya Enggak Pakai Itu Gak Mati-mati

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Instagram luhut.pandjaitan)
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Instagram luhut.pandjaitan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan memberikan pengakuan mengejutkan mengenai pengalaman bertugas di Papua. Dalam sebuah acara di Jakarta pada Kamis (7/3/2024), Luhut mengungkapkan keheranannya terhadap penggunaan rompi anti peluru oleh anggota TNI yang bertugas di Papua selama operasi.

"Saya lama di Kopassus. Jelek-jelek begini, saya for speed, orang paling depan kalau patroli. Peluang saya mati dengan prajurit sama. Saya alami itu. Tidak ada Bullet Proof. Sekarang Bullet Proof," ujar Luhut, membagikan pengalaman pribadinya.

Luhut juga membandingkan masa-masa ketika dia masih aktif tanpa menggunakan rompi anti peluru dengan kondisi saat ini. "Saya bilang sama KSAD itu. Li, kalian pakai Bullet Proof di Papua itu. Saya tidak pernah pakai Bullet Proof selama berapa tahun. Ya, Haleluya, tidak mati-mati saya bilang," tambahnya sambil disambut tawa dari peserta yang hadir.

Dalam konteks perkembangan zaman, Luhut menekankan adanya perbedaan signifikan antara kondisi militer dulu dan sekarang. "Semua ada jamannya. Karena kita memberi contoh, prajurit kita menganggap, kalau dulu Kopassus itu ada jimatnya. Jimat apaan? Ada lindung tinjau, ada lindung tembak. Itu saja kau bikin. Sekarang ada drone, kau bisa menjajaki musuhmu. Sehingga operasi militer di Papua hasilnya bagus," jelasnya.

Luhut juga menyoroti pentingnya pembangunan di daerah terpencil, termasuk di Papua. "Dan kemudian dibuat operasi teritorial, uang dana untuk di daerah terpencil. Suruh aja TNI itu bikin air sumur, bikin pertanian pasti sampai di sana. Tidak mungkin dicuri tengah jalan," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close