LSP ISI: Poliban Banyak Ciptakan Surveyor Kadastral Yang Handal

Nusantaratv.com - 28 November 2022

Penyampai Regulasi Uji dari Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Endri Dianto. ANTARA/Sukarli
Penyampai Regulasi Uji dari Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Endri Dianto. ANTARA/Sukarli

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Penyampai Regulasi Uji dari Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Endri Dianto menyampaikan, kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel banyak menciptakan surveyor kadastral yang handal.

Surveyor kadastral adalah seseorang yang mempunyai keahlian di bidang pengukuran dan pemetaan kadastral dan kemampuan mengorganisasi pekerjaan pengukuran dan pemetaan kadastral.

"Ini terbukti, dengan banyaknya peserta uji kompetensi bidang survei kadastral petugas ukur surveyor berlisensi dari alumni kampus Poliban," ucapnya di Banjarmasin, Senin,.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalsel bekerja sama dengan LSP ISI dari 26--27 November 2022 di kampus Poliban.

Dia pun menyampaikan, kampus Poliban dijadikan tempat uji kompetensi karena memiliki sarana dan prasarana yang baik.

Endri menyampaikan, Poliban yang diketahuinya memiliki program studi geomatika, hingga banyak menciptakan SDM yang berkualitas di bidang survei kadastral.

"Ini sangat membantu sekali dalam kegiatan khususnya di kantor pertanahan," ujarnya.

Karena, ungkap dia, hingga 2024 ditarget pemerintah seluruh bidang tanah termasuk di Provinsi Kalsel ini sudah harus terdaftar.

"Karena bidang tanah yang bersertifikat itukan harus terukur dan terpetakan, ini yang jadi ciri khas kegiatan pengukuran kadastral," papar Endri.

Dia percaya Poliban akan lebih banyak menciptakan surveyor handal, apalagi jurusan terkait itu sudah strata sarjana S1.

"Dan Poliban satu-satunya kampus vokasi di Kalsel yang memiliki jurusan geomatika, ini luar biasa," ucap Endri.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close