LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Berpeluang Menang Pilpres 1 Putaran!

Nusantaratv.com - 09 Februari 2024

Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Net)
Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dalam Pilpres 2024. Elektabilitas Prabowo-Gibran 53,5 persen, kemudian disusul Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 21,7 persen, dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD 19,2 persen. 

Menurut LSI Denny JA, hasil survei ini memperlihatkan capres-cawapres nomor urut 2 berpotensi menang Pilpres 2024 satu putaran.

"Dengan angka ini, 53,5 persen artinya bahwa Prabowo-Gibran terbuka peluangnya untuk menang di Pilpres 2024 pada tanggal 14 Februari 2024 nanti di hari Rabu dengan satu putaran saja," ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (9/2/2024). 

Kesimpulan ini diyakini LSI Denny JA, sebab elektabilitas Prabowo-Gibran sudah lebih dari 50 persen. 

"Secara dukungan, per hari ini angkanya sudah di atas 50 persen," ucapnya. 

Walau demikian, ia menegaskan jika survei ini merupakan asumsi apabila Pilpres dilakukan saat LSI Denny JA mengumpulkan data penelitian. Sehingga, peluang data survei berubah, masih bisa terjadi. 

Diketahui, survei dilakukan pada 26 Januari hingga 6 Februari 2024. 

"Survei itu berasumsi, pemilu dilaksanakan saat kami mengumpulkan data. Kami tetap memberikan ruang, karena masih tersisa 10 hari menuju hari H di 14 Februari," jelas dia. 

Adapun metode penentuan sampel survei ini yaitu multi stage random sampling, dengan 1.200 responden. Teknik pengumpulan data yakni wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Margin of error survei +-2,9 persen. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close