Lord Rangga Ternyata Pernah Jadi Ketua Dewan Bawang Merah RI, Duduk Bareng Menteri SBY

Nusantaratv.com - 13 April 2022

Meme tentang Rangga Sasana Sunda Empire atau Lord Rangga.
Meme tentang Rangga Sasana Sunda Empire atau Lord Rangga.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Petinggi kelompok Sunda Empire, Raden Rangga Sasana kembali menjadi perbincangan publik usai video lamanya kembali viral di media sosial (medsos). 

Dalam video wawancara lawas itu, sosok kontroversial 'Lord Rangga' terlihat duduk bersebelahan dengan Menteri Pertanian era pemerintahan SBY di tahun 2009-2014, Suswono.

Di samping itu, Rangga juga kedapatan menjadi panelis bersamaan dengan Utusan Khusus Presiden RI untuk Penanggulangan Kemiskinan, HS Dillon.

Video diketahui diambil jauh sebelum kelompok Sunda Empire muncul kehadapan publik pada awal Januari 2020 silam. Sosok Rangga dalam wawancara itu juga diperkenalkan sebagai Ketua Umum Dewan Bawang Merah RI, bukan petinggi Sunda Empire.

Pada kesempatan itu, Rangga memberikan pandangannya mengenai potensi komoditas bawang merah di kancah internasional. Sebab, ia menilai tanaman bawang merah mempunyai potensi dan pasar yang besar di luar negeri.

Namun, ia menilai, pemerintah masih belum memberikan perhatian penuh kepada petani-petani bawang yang ada di pelbagai daerah.

"Hortikultura juga bisa menjadi kekuatan dunia. Saat ini bawang merah menjadi satu kekuatan yang hampir 70 persen memenuhi kebutuhan dunia adalah Indonesia," kata Rangga dikutip dari akun YouTube Soegeng Sarjadi, Rabu (12/4/2022).

Rangga menjelaskan, dengan tingkat kebutuhan yang tinggi itu, maka pemenuhan komoditas bawang di pasar lokal maupun dunia maka akan semakin meningkat nama Indonesia di luar negeri.

Ketika itu, Rangga meyakini bahwasanya Dewan Bawang Merah RI dapat mencapai swasembada bawang merah pada 2015. Hal itu, kata dia, dapat terwujud salah satunya apabila Presiden SBY turut memberikan atensi untuk pengembangan tanaman hortikultura.

"Negara harus turun tangan. Mungkin tidak hanya Pak Menteri yang turun tangan, Presiden juga harus turun tangan," jelasnya.

Lebih jauh, Rangga memandang, Indonesia juga bisa menjadi negara super power pada 2045 mendatang apabila pemerintahnya fokus untuk mengembangkan sektor pertanian.

"Untuk menuju Negara Adikuasa 2045, itu bisa kalau pemerintah serius berkomitmen kembali pada pertanian," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close