Listrik Padam, Badai Hebat Tewaskan 8 Orang di Kanada

Nusantaratv.com - 23 Mei 2022

Tiang listrik dan pohon yang tumbang setelah badai di Uxbridge, Ontario, Kanada pada 21 Mei 2022. (Blake Wagner/Reuters)
Tiang listrik dan pohon yang tumbang setelah badai di Uxbridge, Ontario, Kanada pada 21 Mei 2022. (Blake Wagner/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badai hebat menerjang dua provinsi terpadat di Kanada akhir pekan ini. Akibatnya, korban tewas meningkat menjadi setidaknya delapan orang, kata pihak berwenang setempat pada Minggu (22/5/2022).

Di sisi lain, petugas penanganan darurat melakukan pembersihan besar-besaran pasca badai guna memulihkan listrik ke setengah juta orang, seperti dikutip dari Reuters, Senin (23/5/2022).

Badai, yang berlangsung lebih dari dua jam pada Sabtu (21/5/2022) sore waktu setempat, dan membawa kekuatan tornado, meninggalkan jejak kehancuran di beberapa bagian Ontario dan Quebec. 

Hembusan angin sekuat 132km/jam menumbangkan pohon, mencabut tiang listrik dan merobohkan banyak menara transmisi logam, kata perusahaan utilitas.

Perusahaan listrik pada Minggu (22/5/2022) berupaya memulihkan jalur transmisi. Sebagian besar kematian akibat badai terjadi ketika orang-orang tertimpa pohon yang tumbang, kata pihak berwenang.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan pemerintah federal siap membantu mereka yang membutuhkan. "Kami memikirkan semua orang yang terkena dampak, dan berterima kasih kepada tim yang bekerja untuk memulihkan listrik," tulis Trudeau di akun Twitter pribadinya pada Minggu (22/5/2022). 

Hydro One, perusahaan distribusi listrik terbesar di Ontario, mengatakan dalam sebuah tweet pada Minggu (22/5/2022) bahwa kru menanggapi kerusakan yang signifikan. Environment Canada telah mengeluarkan peringatan tentang badai petir yang parah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close