Libya Tangkap 541 Migran Ilegal

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com -  Pihak berwenang Libya menangkap 541 migran ilegal di kota Misurata, sekitar 250 km sebelah timur ibu kota Tripoli, saat mereka berusaha menyeberangi laut Mediterania menuju Eropa.

Para migran ditangkap di pantai dan dibawa ke pusat penerimaan Tariq al-Matar di Tripoli, mereka akan menerima bantuan kemanusiaan sebelum dideportasi ke negara asal mereka, kata Abdussalam Alewan, direktur pusat tersebut, seperti dikutip Xinhua, Senin (25/4/2022).

Libya telah mengalami kekacauan sejak jatuhnya mendiang pemimpin Muammar Gaddafi pada 2011, menjadikan negara Afrika Utara itu sebagai titik keberangkatan pilihan bagi para migran ilegal yang ingin menyeberangi Laut Mediterania ke pantai-pantai Eropa.

Sebanyak 4.013 migran ilegal diselamatkan dan dikembalikan ke Libya tahun ini, termasuk 381 wanita dan 169 anak di bawah umur, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Pada 2021, total 32.425 migran ilegal diselamatkan dan dikembalikan ke Libya, sementara 662 kehilangan nyawa dan 891 lainnya hilang di lepas pantai Libya di rute Mediterania Tengah, ungkap IOM. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close