Libur Idul Adha Nambah, Muhammadiyah: Terima Kasih Jokowi!

Nusantaratv.com - 20 Juni 2023

Kantor Muhammadiyah. (Net)
Kantor Muhammadiyah. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Libur Idul Adha ditambah jadi tiga hari. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya Presiden Jokowi yang telah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur Idul Adha 28 Juni 2023," ujar Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada wartawan, Selasa (20/6/2023).

Diketahui, Muhammadiyah sebelumnya mengusulkan agar libur ditambah dua hari karena ada perbedaan waktu Idul Adha. Pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada 29 Juni, sementara Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada 28 Juni.

Mu'ti menuturkan, pemerintah telah mengakomodasi aspirasi warga dengan penambahan libur Idul Adha tersebut. Dengan demikian, umat Islam dapat menunaikan Idul Adha dengan damai.

"Penambahan tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap Konstitusi terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Dengan tambahan hari libur, umat Islam dapat melaksanakan ibadah salat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai," kata dia. 

Mu'ti turut menyampaikan imbauan kepada warga Muhammadiyah untuk tetap menjaga kerukunan. Dia meminta pembagian hewan kurban dilakukan pada 29 Juni.

Diketahui, pemerintah menetapkan cuti bersama Idul Adha selama dua hari sehingga terjadi masa libur panjang dari Rabu hingga Minggu. Pemerintah mengungkap pertimbangan-pertimbangan di balik keputusan tersebut.

Wamenaker Afriansyah Noor menjelaskan sejumlah pertimbangan. Yakni karena libur sekolah nasional hingga peningkatan perekonomian sektor pariwisata.

"Pertimbangannya karena libur sekolah nasional dan dalam rangka peningkatan perekonomian UMKM dan pariwisata juga quality time with family," ujar Afriansyah kepada wartawan, Selasa (20/6/2023).

Keputusan cuti bersama itu diteken oleh tiga menteri, yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Menaker Ida Fauziyah. 

Dalam SKB tiga menteri itu, tertulis libur Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Selanjutnya, ada dua hari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, yakni pada Rabu, 28 Juni 2023, dan Jumat, 30 Juni 2023.

"Cuti bersama benar 28 Juni dan 30 Juni, Idul Adha 29 Juni," kata Afriansyah Noor.

Jadi, total libur selama masa perayaan Idul Adha adalah lima hari. Long weekend pun bakal dinikmati warga, yakni Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close