Lebih dari 56 Ribu Sekolah Ditutup Gegara Wabah Virus Mata di Pakistan

Nusantaratv.com - 28/09/2023 10:42

Ilustrasi. Sakit mata. (Medical News Today)
Ilustrasi. Sakit mata. (Medical News Today)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pakistan akan menutup lebih dari 56.000 sekolah dalam sisa waktu sepekan ini.

Tindakan tersebut dilakukan sebagai upaya menahan penyebaran virus mata yang tengah berjangkit di wilayahnya.

Pejabat setempat pada Rabu (27/9/2023) mengatakan, jutaan siswa akan tinggal di rumah mulai Kamis (28/9/2023) setelah provinsi terpadat di Pakistan, Punjab, mengumumkan penutupan menyeluruh kegiatan sekolah akibat 357 ribu kasus virus mata yang menyerang sejak awal tahun.

Infeksi mata yang menyebar dengan cepat menyebabkan kemerahan, gatal dan keluarnya cairan dari mata. Sedangkan penyebaran infeksinya terjadi melalui kontak tangan, batuk, dan bersin.

"Penutupan ini diumumkan sebagai langkah proaktif untuk memberikan perlindungan maksimal kepada siswa terhadap infeksi," kata juru bicara departemen pendidikan Punjab Zulfiqar Ali kepada AFP.

Terdapat 127 juta penduduk di provinsi Punjab timur, dan sebanyak 56 ribu sekolah negeri dan sekolah swasta yang terkena penutupan. "Kami berharap ini akan memutus siklus penularan di provinsi ini," ujar Ali.

Sekolah-sekolah di seluruh Pakistan dijadwalkan tutup pada Jumat (29/9/2023) setelah satu hari libur hari keagamaan. Namun, banyak sekolah yang biasanya buka pada akhir pekan untuk mengadakan kelas tambahan atau ujian bertahap.

Pihak berwenang Punjab mengatakan, para siswa akan diperiksa di gerbang sekolah ketika sekolah dibuka kembali pada Senin, pekan depan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in