Lebaran di Singapura Baru Besok

Nusantaratv.com - 02 Mei 2022

Singapura. (Net)
Singapura. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ulama di Singapura mengumumkan hari lebaran atau Hari Raya 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Selasa (3/5/2022). Menurut pernyataan mufti Singapura, bulan sabit belum terlihat pada hari ke-29 Ramadan di negara mereka. 

"Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama Syawal tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Selasa, 3 Mei," ujar pernyataan resmi tersebut, Senin (2/5/2022) pagi. 

Guna menentukan 1 Syawal, Kantor Mufti bersama para ahli berusaha memantau "secara jelas" bulan sabit. Tapi, mereka tak melihat bulan itu. Di samping itu, mereka juga melaporkan bahwa ufuk barat mendung disertai awan selama pemantauan hilal.

Senada, mengutip Channel News Asia, Mufti Singapura Nazirudin Mohd Nasir melaporkan hilal tidak terlihat saat mereka memantau untuk menentukan Hari Raya Idulfitri.

"Alhamdulillah, kami dari Pejabat Mufti baru selesai Maghrib ini memantau bulan tetapi bulan tak terlihat," ujar Nazirudin dalam unggahannya di Instagram, Minggu (1/5/2022).

Terpisah, dalam sebuah video dirinya mengatakan Senin akan menjadi hari terakhir Ramadan bagi warga Singapura.

Terlepas dari itu, sejumlah negara mayoritas Muslim seperti Indonesia, Malaysia, Arab Saudi dan negara Teluk lain melaksanakan salat Id pada hari ini, Senin (2/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close