Lagi! Korut Tembak Rudal ke Arah Jepang, Warga Diminta Berlindung

Nusantaratv.com - 03 November 2022

Rudal Korut. (Net)
Rudal Korut. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Korea Utara (Korut) lagi-lagi menembakkan rudal balistik ke arah Jepang. Pemerintah Jepang pun mengonfirmasi adanya tembakan rudal ke wilayahnya, serta meminta warga untuk berlindung.

Jepang mengeluarkan peringatan khusus kepada penduduk di wilayah Utara. Warga yang masih berada di rumah diminta untuk mencari tempat perlindungan, mengutip AFP.

Peluncuran rudal Korea Utara itu diyakini sebagai rudal jarak menengah atau jarak jauh. Terlebih pemerintah Jepang telah menerbitkan peringatan evakuasi, Kantor Berita Yonhap. 

"Yang terakhir bisa sangat mengkhawatirkan bagi sebagian orang jika berhasil menempuh jarak yang signifikan," ujar Chad O'Carroll dari situs spesialis NK News yang berbasis di Seoul.

Korut dilaporkan telah melepaskan 20 rudal balistik, salah satunya mendarat dekat perairan teritorial Korea Selatan. Media lokal melaporkan bahwa sirene serangan udara berbunyi di pulau Ulleungdo di timur Korea Selatan --di mana penduduk diperingatkan untuk mencari perlindungan setelah salah satu rudal balistik jarak pendek Pyongyang melintasi perbatasan laut de facto.

Diketahui, rudal Korea Utara ke arah Jepang bukan kali ini terjadi. Korea Utara juga pernah menembakkan rudal ke arah Jepang pada 4 Oktober lalu.

Pyongyang lalu mengklaim hal tersebut adalah rudal balistik jarak menengah darat-ke-darat tipe baru. Peluncuran itu adalah pertama kalinya Korea Utara menembakkan rudal ke Jepang sejak tahun 2017.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close