Kurangi Macet Arus Balik, Libur Sekolah Jabodetabek Nambah 3 Hari

Nusantaratv.com - 05 Mei 2022

Arus mudik lebaran. (Suara.com)
Arus mudik lebaran. (Suara.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tambahan hari libur tiga hari bagi para siswa sekolah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek Anang Ristanto menjelaskan, pihaknya sengaja menambahkan libur pada periode 9 sampai 12 Mei guna mengantisipasi dan mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022.

"Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," ujarnya, Kamis (5/5/2022).

"Untuk itu Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," sambungnya. 

Selain itu, Anang menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan di wilayah tersebut agar kebijakan penambahan libur dapat segera disampaikan kepada orang tua dan siswa terkait.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga atau pemudik menghindari pulang dari kampung halaman pada puncak arus balik mudik pada 6 sampai 8 Mei 2022.

Jokowi meminta masyarakat pulang ke kota sebelum atau setelah puncak arus balik. Hal itu dilakukan demi menghindari kepadatan di perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close