Kunker ke Ende, Jokowi: Terima Kasih Telah Menerima Kami dengan Penuh Kehangatan

Nusantaratv.com - 02 Juni 2022

Presiden Jokowi saat menerima gelar adat sebagai Mosalaki Ulu Bewa Eku Beu di Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Foto (Istimewa)
Presiden Jokowi saat menerima gelar adat sebagai Mosalaki Ulu Bewa Eku Beu di Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ribuan massa tumpah ruah ke jalanan menyambut orang nomor satu di Indonesia tersebut pada Selasa (31/5/2022) sore.

Jokowi diagendakan mengikuti apel kenegaraan untuk merayakan hari lahir Pancasila di Kota Ende pada Rabu, 1 Juni 2022.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT (Nusa Tenggara Timur), khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya, Ibu Iriana, dan seluruh rombongan, sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan,” ujar Jokowi pada saat konferensi Pers, sesaat setelah menerima gelar adat sebagai Mosalaki Ulu Bewa Eku Beu, yang dimaknai Sebagai Penguasa Pemerintahan Nasional yang memimpin wilayah dari Sabang sampai Merauke.

 Jokowi  mengungkapkan kehangatan suasana Masyarakat Ende inilah, yang menurutnya membuat Bung Karno memiliki pemikiran tentang nilai - nilai Pancasila.

Setelah prosesi menerima gelar Adat yang ditandai dengan Penyerahan atribut Pakaian Adat Ende Lio, Presiden dan rombongan menyaksikan Bupati Ende, Djafar Achmad mengelilingi tugu adat Tubu Musu sebanyak empat kali yang memiliki makna penyatuan empat unsur alam, yaitu tanah, air, api dan angin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close