Kunjungan Paus Fransiskus, Wapres Sebut Gerakan Persaudaraan Sedunia

Nusantaratv.com - 04 September 2024

Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Sosialisasi, Pendampingan, dan Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi 1.000 Usaha Mikro di Provinsi Banten Tahun 2024 di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Banten, Selasa (3/9/2024). (Foto: ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Sosialisasi, Pendampingan, dan Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi 1.000 Usaha Mikro di Provinsi Banten Tahun 2024 di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Banten, Selasa (3/9/2024). (Foto: ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menyambut baik kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus ke Indonesia. 

Wapres menilai kunjungan Bapa Suci itu sebagai gerakan persaudaraan dunia. "Mengenai Paus Fransiskus, kita seluruh bangsa Indonesia menyambut baik kunjungan itu dan kunjungan itu memang bagian daripada gerakan persaudaraan sedunia," ujar Wapres di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, pada Selasa (3/9/2024).

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan, Paus Fransiskus juga telah bertemu dengan Grand Syeikh al-Azhar Dr. Ahmad el-Thayeb di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), dengan misi membangun persaudaraan dan kemanusiaan.

Grand Syeikh al-Azhar Ahmad el-Thayeb dan Paus Fransiskus telah sepakat menandatangani dokumen tentang Human Fraternity yang penting guna menunjukkan kesamaan semangat ajaran dan komitmen Islam dan Katolik dalam membangun harkat dan martabat kemanusiaan serta kerja sama antar iman dalam perdamaian.

"Kemarin memang pernah dicetuskan kemanusiaan dan persaudaraan di Abu Dhabi," sebut Wapres.

Wapres berharap, kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia dapat membangun persaudaraan dan persahabatan seluruh bangsa di dunia.

"Apa pun agamanya, apa pun bangsanya, itu semua menjadi (persatuan), sehingga kita untuk menghentikan peperangan-peperangan yang ada di mana-mana. Kita terima kasih atas kunjungannya dan bangsa Indonesia menyambut dengan penuh kegembiraan dan persahabatan," tukas Wapres.

Paus Fransiskus tiba di Indonesia melalui terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menumpang pesawat maskapai komersial ITA Airways, pada Selasa, 3 September 2024.

Setelah mendarat, Paus Fransisks langsung menuju Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta, dengan menggunakaan kendaraan Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 warna putih. 

Kedubes Vatikan merupakan tempatnya menginap selama berkunjung di Indonesia. Dan Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, pada 3-6 September 2024.

Selanjutnya, Paus Fransiskus akan mengunjungi Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo pada 6-9 September 2024, Dili (Timor Leste) pada 9-11 September 2024, dan Singapura pada 11-13 September 2024.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close