Kunjungan Kerja ke Bima,Gubernur NTB Tinjau Stand UMKM

Nusantaratv.com - 15 September 2022

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat mengunjungi stand UMKM di Kabupaten Bima. Foto (Istimewa)
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat mengunjungi stand UMKM di Kabupaten Bima. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dalam rangkaian kunjungan kerja, untuk Roadshow Industrialisasi di Kota Bima, meninjau langsung produk stand UMKM, Rabu (14/9/2022).

Gubernur Zulkieflimansyah memuji sejumlah produk, berupa kuliner dan panganan lokal serta tenun khas Bima yang dihasilkan oleh UMKM lokal.

"Hasil produk ini harus terus dikembangkan rasa dan kemasannya," kata Zulkieflimansyah.

Menurut Gubernur Zulkieflimansyah, tidak hanya inovasi dan kreasi rasa yang dihasilkan, namun kemasan produk juga menjadi daya tarik pasar, untuk membeli produk tersebut.

Pemilik UMKM Marimpa, Muhammad Salmin (32) yang bergerak dalam pengolahan bahan panganan lokal, mengatakan bangga dicicipi oleh Gubernur NTB, bubur Jewawut olahannya.

"Mimpi saya, produk hasil olahan ini dicicipi Gubernur, dan hari ini terwujud. Saya juga berharap Presiden RI, bisa mewujudkan bubur jewawut ini," harapnya.

Pria yang berdomisili di Kelurahan Sambinae Kota Bima ini, mengatakan bahwa ini menjadi penyemangat untuk berusaha. Ia juga memamerkan makanan khas yang terbuat dari Jewawut seperti susu, kue kering dan produk cemilan lainnya.

Sementara Yulia Basri, Sekretaris UMKM Alin-Annisa Lintas Nusantara, juga merasa bangga standnya di kunjungi Gubernur NTB.

Ia mengatakan UMKMnya sangat mendukung Industrialisasi produk lokal menuju NTB Gemilang.

“Pak Gubernur, tadi saya coba pakai oi tua (Air Aren),”ujar Yulia.


Gubernur Zulkieflimansyah juga mengunjungi stand SMKPP Negeri Bima yang dikepalai Abdul Hamid, dibawah binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB.

Siswa kelas X jurusan APHP SMKPP, Ifarti (16) menjelaskan bahwa produk hasil karya siswa, seperti stik daun kelor, ubi ungu, manisan belimbing, wedang jahet, kunyit asam.

"Tadi pak Gubernur membeli kunyit asam,"tambah Ifarti.

Dikatakan Ifarti, Gubernur juga berpesan, agar mempromosikan produk dengan bahasa daerah, sehingga terlihat kelokalannya.

Selain itu, Gubernur juga memuji Pompa semprot tenaga surya, hasil karya dan inovasi SMKN 1 Kota Bima. Alat tesebut sempat ikuti lomba inovasi Kihajar tahun 2021. 

"Masuk wakili Prov NTB," kata Sri Mulyati, guru pembina inovasi dan kreativitas siswa.

Dikatakannya, alat tersebut, unggul menggunakan tenaga surya. Dapat juga digunakan untuk lampu di ladang.

"Lebih hemat dan mudah dirakit petani,"jelasnya.

Pemilik Soehendar coffe, M. Fadila juga senang dan menjadikan penyemangat produk es kopi gula aren dicicipi Gubernur NTB.

"Kami menggunakan kopi lokal asal Tambora," kata Fadil.

Begitu juga UMKM Dina yang memproduksi tenun dan sarung Bima, sangat senang dikunjungi Gubernur.

“Pak Zul, memborong dua sarung Nggoli,” ucap Yuyun, pemilik UMKM.

Ia berharap kegiatan seperti ini, dapat terus dan sering dilakukan, sehingga UMKM dapat sering menjual produk.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close