Kukuhkan Bunda Paud dan Bunda Literasi Kabupaten se-NTB, Gubernur Zulkieflimansyah: Istri Kepala Daerah Emban Tugas untuk Kemajuan Daerah

Nusantaratv.com - 10/10/2022 18:18

Gubernur NTB, Zukiflimansyah berpose bersama Bunda PAUD Provinsi NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah. Foto (Istimewa)
Gubernur NTB, Zukiflimansyah berpose bersama Bunda PAUD Provinsi NTB, Niken Saptarini Zulkieflimansyah. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengukuhkan Bunda PAUD dan Bunda Literasi Kabupaten dan Kota se Provinsi NTB di Pendopo Tengah Gubernur NTB, Senin (10/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa peran Bunda PAUD dan Bunda Literasi sangat penting dalam mengakselerasi pembangunan daerah.

Dikatakan Laiskodat, Bunda PAUD dan Bunda Literasi adalah istri kepala daerah yang mengemban banyak tugas untuk memajukan daerah. 

"Salah satu tokoh penting dalam mengakselerasi pembangunan adalah ibu-ibu istri Kepala Daerah. Perannya bisa dikatakan jauh lebih penting dari Kepala Dinas. Dan bisa dibayangkan seperti yang dikukuhkan hari ini, mereka hanyut dan larut dalam perannya. Bunda PAUD dan Bunda Literasi adalah muara dari segala keberkahan," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Lebih jauh, Zulkieflimansyah menjelaskan, tantangan Bunda PAUD dan Bunda Literasi tak hanya meningkatkan minat baca. Tetapi juga bisa meningkatkan kesadaran literasi digital untuk memberikan proteksi terhadap konten yang tidak baik bagi keluarga dan lingkungannya. 

“Dengan cinta kepada buku, serta selalu mengupgrade kemampuan membaca dapat  mengatasi berbagai permasalahan seperti kemiskinan hingga stunting,” jelas Gubernur. 

Sementara itu, Bunda PAUD NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyebutkan, bahwa Bunda PAUD dan Bunda Literasi Provinsi NTB telah memiliki figur idola dan figur inspiratif. Figur tersebut bisa bersama-sama bersemangat meningkatakan literasi di daerah masing-masing. 

Karena, Pada tahun 2020, berdasarkan data Perpustakaan Nasional RI dalam mengukur Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) pada 34 provinsi di Indonesia, posisi Provinsi Nusa Tenggara Barat berada pada urutan 14. Pada tahun 2021, urutan tersebut naik menjadi peringkat ke 10. Namun, untuk kegemaran membaca masyarakat Provinsi NTB masih harus ditingkatkan. 

"Harapan kita, Bunda PAUD dan Bunda Literasi Kabupaten dan Kota bisa dengan cepat meningkatkan literasi warga di masing-masing daerah," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in