Kubu Raya jadi pengguna aplikasi SIPGAR terbanyak se Indonesia

Nusantaratv.com - 04 November 2022

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan. ANTARA/Rendra Oxtora
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan. ANTARA/Rendra Oxtora

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat menjadi kabupaten pertama dari 416 kabupaten di Indonesia untuk penggunaan aplikasi SIPGAR dari Dinas Kesehatan, dengan jumlah pengguna sebanyak 4.434 orang.

"Inisiatif dari Dinas Kesehatan ini sangat luar biasa, karena Kubu Raya menjadi kabupaten yang pertama memulai dari 416 kabupaten dan tercatat pengguna SIPGAR terbanyak se Indonesia, sebanyak 4.434 orang di Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, di Kubu Raya, Jumat.

Ia menjelaskan, bahwa aplikasi SIPGAR aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang dengan metode Rockport, dengan lari-lari kecil sepanjang 1,6 kilometer dan durasi waktu tempuh dilihat dari sistem aplikasi itu.

Kemudian, ia juga mengatakan, dengan aplikasi yang melekat di wilayah ini dapat memasifkan Kubu Raya supaya serentak menjadi kebiasaan baik yang terus dilakukan dalam menjaga kebugaran jasmani.

"Kita akan terus mengajak para pemuda, masyarakat di setiap titik lingkungan, Puskesmas, sekolah, kecamatan, dan di desa desa untuk ikut serta bersama tenaga kesehatan (Nakes) agar rutin setiap minggu melakukan olahraga bersama," tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan sangat bersyukur atas antusias yang luar biasa dari masyarakat Kubu Raya dalam menggunakan aplikasi SIPGAR.

"Alhamdulillah, antusias Kabupaten Kubu Raya sangat luar biasa dan paling banyak mengakses aplikasi SIPGAR ini. Mulai dari Puskesmas sampai ke Kantor Bupati cukup banyak pesertanya," kata Marijan.

Marijan juga berharap bersama Bupati Kubu Raya, agar kegiatan ini terus berkelanjutan setiap minggu, baik di kecamatan maupun di desa desa.

"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya hari ini saja, tetapi setiap minggunya rutin. Karena ini cara mudah untuk mengukur kebugaran jasmani kita. Saya juga yakin dan percaya Kabupaten Kubu Raya dapat melaksanakan SIPGAR ini dengan baik," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close