KSOP Panjang Siapkan Petugas Antisipasi Kecelakaan Laut Saat Mudik

Nusantaratv.com - 01 April 2023

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Kota Bandarlampung telah menyiapkan petugas guna mengantisipasi kecelakaan laut pada pelaksanaan mudik Lebaran 2023.

"Posko nantinya akan disiapkan di depan kantor serta di sekitar Pelabuhan Panjang," ujar Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas I Panjang A. Dwi Saputra di Bandarlampung, Sabtu.

Untuk mencegah kecelakaan laut saat pelaksanaan angkutan Lebaran 2023, katanya, selain menyediakan posko telah disediakan pula petugas bersama pihak terkait.

"Untuk antisipasi kecelakaan laut dengan bekerja sama bersama pihak terkait seperti Basarnas, Polairud, dan yang lain sudah disiapkan pula petugas yang bersiap di Pelabuhan Panjang serta Bakauheni," katanya.

Dia menjelaskan dalam melengkapi langkah antisipasi guna mengantisipasi kecelakaan laut saat pelaksanaan angkutan Lebaran 2023, maka telah disiapkan pula peralatan keselamatan dan pertolongan pertama.

"Jadi untuk antisipasi untuk di Pelabuhan Panjang, KSOP sudah standby dua kapal patroli yang akan mengamankan dan rubber boat atau perahu karet. Untuk Basarnas ataupun yang lainnya biasanya siap di Pelabuhan Bakauheni," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa telah dilakukan pula ramp check kepada kapal yang akan mengangkut pemudik pada angkutan Lebaran 2023.

"Pemeriksaan menyeluruh dan ramp check kapal sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu, jadi semua sudah siap. Harapannya juga kondisi iklim stabil sehingga bisa mengurangi potensi yang tidak diinginkan, kita juga sudah koordinasi dengan BMKG untuk memastikan kondisi cuaca setiap harinya," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])