KSAU Ungkap Beda Pesawat Tempur F/16C/D dengan F16 AM/BM

Nusantaratv.com - 08 Maret 2024

Presiden Joko Widodo meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan
Presiden Joko Widodo meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Presiden RI Joko Widodo, didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan jajaran pimpinan TNI, memulai kunjungan kerjanya di Jawa Timur dengan meninjau Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Iswahjudi, Kabupaten Magetan pada Jumat (8/3/2024).

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi bersama para pejabat senior TNI, termasuk Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, memeriksa kesiapan tiga pesawat tempur TNI AU. Kedua pesawat F-16 C/D, F-16 AM/BM Fighting Falcon dan satu pesawat T-50i Golden Eagle.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa pesawat F-16 yang ditampilkan adalah F-16 C/D dan F-16 AM/BM. Khusus untuk pesawat F-16 AM/BM telah mengalami peningkatan kemampuan dan mampu melaksanakan pertempuran dengan amunisi cerdas atau smart munition, berpandu, dan bisa melaksanakan beyond visual range. 

"Sama-sama F-16, tapi keduanya berbeda kemampuan karena F-16 AM/BM yang di tengah itu sudah mengalami peningkatan kemampuan avionic dan struktur. Kami menamakan dengan F-16 EMLU. Rencana akan 10 pesawat, sekarang 7 pesawat," kata Fadjar mengutip keterangan resmi pada Jumat (8/3/2024). 

Selain itu, pesawat T-50 merupakan pesawat buatan Korea yang digunakn untuk melatih penerbangan. Menurut Fadjar, Pesawat T-50 memiliki persenjataan yang cukup mumpuni karena telah dilengkapi dengan radar dan gun yang sebelumnya tidak ada.

Kunjungan ini menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kemampuan pertahanan negara, serta memastikan kesiapan dan profesionalisme TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close