Kronologi Dalang Blacius Subono Meninggal usai Kampanye Ganjar-Mahfud di Solo

Nusantaratv.com - 10 Februari 2024

Ucapan duka atas wafatnya dalang Blacius Subono/ist
Ucapan duka atas wafatnya dalang Blacius Subono/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kampanye akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo, Sabtu (10/2/2024) pagi, diwarnai peristiwa duka. Dalang Blacius Subono meninggal dunia usai membawakan pertunjukkan wayang di acara kampanye. 

Dosen purna pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta tersebut meninggal dunia pada pukul 09.15 WIB setelah memerankan lakon Semar dalam pentas wayang orang bertajuk “Durga Mendhak, Sang Kala Sirna”.

Almarhum yang mengenakan kostum semar berdiri di belakang Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat tampil di panggung di Balai Wali Kota Solo.

Usai pementasan, dilakukan penyerahan wayang Wisanggeni dari Puan Maharani kepada Ganjar dan penyerahan wayang Semar untuk Mahfud MD.

Blacius Subono yang berdiri di belakang Ganjar tiba-tiba ambruk ke depan dan mengenai Ganjar. Ganjar dan beberapa orang di sekitarnya lantas menolong Blacius.

Blacius langsung dilarikan ke RSUD Moewardi. Tetapi takdir berkata lain,  Blacius Subono dikabarkan telah meninggal dunia.

Humas ISI Surakarta, Esha Karwinarno mengatakan belum bisa memastikan karena belum mendapatkan informasi dari dokter yang menangani.

Namun demikian, ia mengatakan bahwa Blacius Subono memiliki riwayat penyakit jantung.

Panitian kampanye bertajuk Pesta Rakyat Bukan Pesta Konglomerat tersebut menyampaikan ucapan bela sungkawa. Perwakilan panitia Hajatan Rakyat telah melayat ke rumah duka.

Ketua Panitia Hajatan Rakyat, Her Suprabu menyampaikan ungkapan bela sungkawa atau duka kepada keluarga Blacius Subono. Ucapan yang sama dia sampaikan kepada keluarga besar Institut Seni (ISI) Solo.

“Kami atas nama panitia ikut berbelasungkawa atas meninggalnya salah satu budayawan yang ikut mengisi acara kami. Semoga beliau mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan bisa melanjutkan cita-cita beliau,” kata Her Suprabu.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close