Kroninya Rajapaksa, Wickremesinghe Terpilih Jadi Presiden Baru Sri Lanka

Nusantaratv.com - 20 Juli 2022

Presiden baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe/ist
Presiden baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ranil Wickremesinghe, terpilih menjadi presiden baru Sri Lanka menggantikan Gotabaya Rajapaksa yang kabur ke luar negeri dan mundur. Wickremesinghe adalah Perdana Menteri saat Gotabaya menjabat sebagai Presiden Sri Lanka. Ia juga sempat menjabat sebagai presiden sementara setelah Rajapaksa kabur ke luar negeri.    

Wickremesinghe terpilih menjadi penerus Rajapaksa setelah memenangkan suara mayoritas pemilihan presiden di parlemen pada Rabu (20/7/2022).

Wickremesinghe berhasil mengalahkan dua kandidat presiden lainnya yakni menteri pendidikan Dullas Alahapperuma dan pemimpin partai sayap kiri, Anura Dissanayake.

Hasil resmi menunjukkan Wickremesinghe berhasil meraup 134 suara dari total 225 anggota parlemen. Sementara itu, pesaing utamanya, Alahapperuma, mendapatkan 82 suara dan Dissanayake hanya meraih tiga suara saja, mengutip CNNIndonesiacom.

Perolehan suara tersebut membuat Wickremesinghe menang dengan suara mayoritas absolut dalam jajak pendapat pertama.

Baca juga: Kabur Dari Sri Lanka, Presiden Gotabaya Rajapaksa Tertangkap Basah Belanja Pakaian di Singapura

Pasca mundurnya Gotabaya Rajapaksa, Wickremesinghe memang satu-satunya kandidat presiden terkuat karena merupakan sosok berpengaruh di partai berkuasa, Sri Lanka Podujana Peramuna (SLPP). 

Itu sebabnya protes warga yang menolak pencalonannya sebagai presiden seolah tak berpengaruh.

Meski demikian, rakyat menolak Wickremesinghe, yang mereka anggap masih kroni Rajapaksa.

Sebelum Rajapaksa kabur, Wickremesinghe juga sempat menyatakan bakal mengundurkan diri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close