KPU Samarinda Lantik 177 Anggota PPS

Nusantaratv.com - 25 Januari 2023

Suasana pelantikan anggota PPS Samarinda yang dirangkai dengan Apel Kesiapan Pemilu 2024 di Samarinda, Selasa (24/1/2023) ANTARA/HO-dokpri
Suasana pelantikan anggota PPS Samarinda yang dirangkai dengan Apel Kesiapan Pemilu 2024 di Samarinda, Selasa (24/1/2023) ANTARA/HO-dokpri

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Ketua KPU Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Firman Hidayat, melantik sebanyak 177 orang anggota panitia pemungutan suara atau PPS untuk ditempatkan di semua kelurahan sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024.

"Pelantikan ini merupakan prosesi yang sakral, bukan sekadar seremonial karena Pemilu 2024 sudah menunggu yang saat ini pun merupakan bagian dari proses pemilu," ujar Firman saat melantik anggota PPS di Samarinda, Selasa.

Setelah pelantikan ini, semua anggota PPS diharuskan bersiap melaksanakan tugas berat yang sudah menunggu sebagai penyelenggara pemilu tingkat kelurahan. "Jadi, amanah sebagai penyelenggara pemilu tingkat kelurahan ini harus dijalankan dengan baik," tambahnya.

Apalagi untuk menjadi anggota PPS sudah melalui tahapan seleksi ketat sehingga semua yang dilantik merupakan orang yang berkompeten dan memiliki komitmen.

Is meyakini anggota PPS mampu dan siap bekerja keras dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Sementara anggota KPU Samarinda Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Najib mengatakan sebanyak 177 anggota PPS yang dilantik tersebut berasal 59 kelurahan yang tersebar pada 10 kecamatan.

"Masing-masing kelurahan terdiri dari tiga anggota PPS sehingga total ada 177 anggota. Mereka dibentuk oleh KPU Kota Samarinda setelah mengikuti proses seleksi menjadi anggota PPS," kata Najib.

Sebelum ini, lanjut Najib, terdapat 412 pendaftar calon anggota PPS yang lulus seleksi administrasi, dilanjutkan mengikuti tes tulis pada 9-10 Januari, kemudian pengumuman dilakukan pada 15 Januari berdasarkan urutan nilai, sampai akhirnya dilakukan pelantikan ini.

Dalam pelantikan yang dirangkai dengan Apel Kesiapan Pemilu 2024 ini, Najib mengucapkan selamat bergabung kepada anggota PPS menjadi keluarga besar penyelenggara pemilu KPU Kota Samarinda.

"Mari sama-sama bekerja dengan baik sesuai kode etik penyelenggara di tingkat ad hoc, menjaga integritas dan bekerja dengan profesional. Semoga tetap dapat menjaga kesehatan dengan baik karena tahapan pemilu sudah berjalan sangat padat," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])