KPU DKI Jakarta Bahas Isu Pilkada 2024 Bersama Stakeholder

Nusantaratv.com - 30 Juli 2024

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata berbicara di depan para stakeholder mengenai koordinasi serta bertukar informasi guna mensukseskan Pilkada DKI 2024. (Foto: Dok/KPU DKI Jakarta)
Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata berbicara di depan para stakeholder mengenai koordinasi serta bertukar informasi guna mensukseskan Pilkada DKI 2024. (Foto: Dok/KPU DKI Jakarta)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar Coffee Morning bersama para stakeholder di kantor KPU DKI Jakarta, Senin (29/7/2024). 

"120 hari ke depan Pilgub DKI Jakarta akan digelar, coffee morning bersama stakeholder ini untuk membangun koordinasi serta bertukar informasi guna mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024," kata Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI, Astri Megatari menegaskan, agenda coffee morning ini akan rutin dilaksanakan untuk menginformasi terkait dengan tahapan yang sedang berjalan maupun yang akan berjalan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Jakarta Tahun 2024.

"Tahapan yang sedang berlangsung per hari ini, ada dua tahapan yaitu pemutakhiran data pemilih dan verifikasi administrasi kedua tahapan pencalonan perseorangan Gubenur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024," kata Astri.

KPU Provinsi DKI Jakarta pada 24 Juli 2024 telah selesai melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan total 8.315.669 pemilih.

"Berdasarkan data DP4 dari kemendagri dan hasil sinkronisasi dengan DPT Pemilu terakhir terdapat 8.315.669 pemilih di DKI Jakarta, namun setelah coklit, angka tersebut ada pergerakan, karena peristiwa kependudukan yang cukup dinamis. Setelah itu kami akan melakukan penyusunan data pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) dan rekapitulasi secara berjenjang untuk kemudian ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS)," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zikrillah. 

KPU DKI Jakarta membahas isu Pilkada 2024 bersama stakeholder dalam Coffee Morning. (Foto: Dok/KPU DKI Jakarta) 

Daftar Pemilih Sementara nantinya akan diumumkan selama 10 hari pasca rekapitulasi di tingkat provinsi melalui website, media sosial maupun papan pengumuman di lingkungan RT/RW untuk menerima masukan dan tanggapan masyarakat dari warga DKI Jakarta yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar di dalam DPS, termasuk apabila ditemukan ada warga yang tidak memenuhi syarat (TMS) namun masih masuk dalam DPS akan dicoret dari daftar pemilih.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Provinsi DKI Jakarta, Dody Wijaya menjelaskan mengenai pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024.

"24 Agustus mendatang, KPU DKI Jakarta akan mengumumkan pendaftaran calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta baik dari jalur partai politik maupun perseorangan," ujar Dody.  

Tahapan Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024 akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024. "Setelah mendaftar calon Gubernur dan Wakil Gubernur nantinya akan melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU DKI," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close