KPU: Debat Pilpres Selanjutnya Cuma Pakai 1 Mikrofon

Nusantaratv.com - 27 Desember 2023

Penggunaan tiga mikrofon oleh masing-masing cawapres pada debat lalu.
Penggunaan tiga mikrofon oleh masing-masing cawapres pada debat lalu.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menyediakan podium untuk pasangan calon pada debat Pilpres 2024 berikutnya. Di samping itu, KPU juga hanya akan menyediakan satu mikrofon.

"Pada saat rapat tadi tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya memang seperti jangkar," kata/ujar Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

"Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja," imbuhnya.

Mellaz menjelaskan, satu mikrofon itu nantinya akan terpasang di podium. "Kalau kami menyatakan itu pakai mic yang dipasang di podium," kata dia.

Hal itu, lanjut dia, diharapkan sebagai jangkar untuk membatasi ruang gerak pasangan calon. Sebab, kata Mellaz sejak awal podium itu disediakan sebagai batas ruang gerak dari peserta debat.

"Tapi kenapa secara prinsip ada podium? Karena ruang geraknya memang terbatas. Eh bukan terbatas, tapi memang podium itu jangkarnya lah," jelas dia.

"Teoritis kan tujuannya di sana. Memang di desain awalnya di situ," imbuhnya.

Walau demikian, Mellaz mengatakan aksi cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka keluar dari podium saat debat menjadi salah satu evaluasi KPU. Dia pun berharap dalam debat berikutnya, pelaksanaan debat menjadi lebih baik lagi.

"Maksud saya ini bagian dari evaluasi. Evaluasi ya evaluasi, dan maksudnya evaluasi itu apa? Ya pasti dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas dari debat berikutnya," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close