KPU Bantul Minta PPK Mitigasi Risiko Setiap Tahapan Pemilu 2024

Nusantaratv.com - 04 Januari 2023

Pelantikan anggota PPK Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (4/1/2022). (ANTARA/Hery Sidik)
Pelantikan anggota PPK Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (4/1/2022). (ANTARA/Hery Sidik)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta para anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang baru saja dilantik melakukan mitigasi risiko pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Mengantisipasi potensi permasalahan yang muncul dalam setiap tahapan, kami meminta kepada jajaran PPK untuk melakukan mitigasi risiko di setiap tahapan pemilu," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho usai acara pelantikan anggota PPK Pemilu 2024 di Bantul, Rabu.

Menurut Didik, beberapa tahapan pemilu yang penting untuk dilakukan mitigasi risiko ialah pemutakhiran data pemilih, kampanye, dan pengelolaan logistik.

"Termasuk tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara," tambahnya.

Didik mengatakan anggota PPK adalah bagian dari penyelenggara pemilu, sehingga mereka juga harus menaati asas-asas penyelenggara pemilu dalam hal bersikap maupun bertindak.

"PPK harus memahami dan segera menyesuaikan dengan tahapan pemilu yang saat ini berjalan, antara lain pembentukan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan serta verifikasi administrasi dan faktual pencalonan perseorangan DPD," jelas Didik.

Selain itu, dalam menjalankan tahapan pemilu di tingkat kecamatan, para anggota PPK yang berjumlah lima orang di tiap kecamatan tidak dapat berjalan sendiri. PPK harus secara intens berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan kecamatan dan pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan.

"Selain itu, PPK juga harus membangun kolaborasi dengan organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, dan para tokoh masyarakat dalam kerangka kesuksesan tahapan Pemilu 2024," jelasnya.

Sementara itu, anggota KPU Bantul Musnif Istiqomah mengatakan masa kerja anggota PPK untuk Pemilu 2024 ialah 15 bulan, terhitung sejak 4 Januari 2023 sampai 4 April 2024.

"Setelah mereka dilantik, selanjutnya PPK akan melakukan koordinasi dengan panewu (camat) di masing-masing kapanewon (kecamatan) untuk mengusulkan personel sekretariat PPK," kata Munif yang merupakan Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan SDM KPU Bantul itu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close