KPK Geledah Kantor Pusat Hutama Karya terkait Kasus Korupsi Pengadaan Lahan Tol Trans Sumatera

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Gedung KPK/ist
Gedung KPK/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua lokasi terkait kasus korupsi pengadaan lahan jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) yang dikerjakan PT Hutama Karya Persero. Dua tempat yang digeledah adalah kantor pusat Hutama Karya dan PT HKR yang merupakan anak usaha PT HK di Jakarta.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan penggeledahan dilakukan pada Senin, (25/3/2024). Hasil penggeledahan tim penyidik memperoleh dokumen-dokumen pengadaan lahan.

"Temuan dokumen tersebut diantaranya berisi item-item pengadaan yang diduga dilakukan secara melawan hukum," kata Ali Fikri, Rabu (27/3/2024).

Ali menyampaikan dokumen-dokumen tersebut akan disita dan dianalisis. Selanjutnya dokumen akan dijadikan barang bukti untuk dikonfirmasi kepada para saksi.

Diketahui, KPK tengah melakukan penyidikan terkait proyek jalan Tol Trans Sumatera yang digarap Hutama Karya. Berdasarkan perhitungan BPKP, kasus ini diduga merugikan negara sebanyak belasan miliar rupiah.

Terkait perkara ini KPK sudah mencegah 3 orang berpergian ke luar negeri. KPK belum mengumumkan lebih detail mengenai siapa tersangka dalam perkara tersebut. Pengumuman akan dilakukan pada tahap penahanan atau penangkapan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close