Korut Benarkan Uji Coba Rudal Hwasong-12 pada Akhir Pekan Lalu

Nusantaratv.com - 31 Januari 2022

Pemimpin Korut Kim Jong-un menyaksikan peluncuran rudal Hwasong-12 dalam foto tak bertanggal yang dirilis KCNA pada 16 September 2017. (Reuters)
Pemimpin Korut Kim Jong-un menyaksikan peluncuran rudal Hwasong-12 dalam foto tak bertanggal yang dirilis KCNA pada 16 September 2017. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Korea Utara (Korut) pada Senin (31/1/2022) membenarkan jika mereka telah menguji coba rudal balistik jarak menengah (IRBM) Hwasong-12 pada Minggu (30/1/2022).

Ini pertama kalinya rudak berkemampuan nuklir dengan ukuran sebesar itu diluncurkan sejak 2017, kata kantor berita pusat Korea (KCNA), seperti dikutip dari Al Arabiya, Senin (31/1/2022).

Peluncuran itu pertama kali dilaporkan otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pada Minggu (30/1/2022). Para analis dan pejabat berpendapat uji coba tersebut tampaknya melibatkan IRBM, yang tidak diluncurkan Korut sejak 2017 ketika mereka menangguhkan uji coba rudal terbesar dan senjata nuklir miliknya.

"Uji coba penembakan itu bertujuan untuk memeriksa secara selektif rudal balistik jarak menengah-jauh darat ke darat Hwasong-12 dan memverifikasi secara menyeluruh keakuratan sistem senjata ini," kata KCNA.

Korut sebelumnya mengungkapkan Hwasong-12 mampu membawa 'hulu ledak nuklir yang berat dan berukuran besar'. KCNA mengatakan peluncuran rudal itu dilakukan guna memastikan keamanan negara-negara tetangga. Hulu ledak rudal tersebut dipasangi kamera untuk mengambil gambar selama berada di ruang angkasa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close