Korea Utara Dukung Resolusi PBB yang Berikan Hak dan Keistimewaan Palestina

Nusantaratv.com - 13 Mei 2024

Ilustrasi. Seorang pria sedang membawa bendera Palestina. (Foto: Reuters)
Ilustrasi. Seorang pria sedang membawa bendera Palestina. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Korea Utara (Korut) pada Minggu (12/5/2024) mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang memberikan "hak dan keistimewaan" kepada Palestina.

Korut juga mendesak Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mempertimbangkan kembali upaya Palestina menjadi anggota PBB ke-194.

Dilansir dari Anadolu Agency, Senin (13/5/2024), Kementerian Luar Negeri Korea Utara mendukung resolusi tersebut dan menganggapnya sebagai waktu yang tepat, lapor Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA),

Resolusi yang mengakui Palestina sebagai negara berdaulat yang merdeka itu, mencerminkan keinginan kuat masyarakat internasional pada perdamaian dan stabilitas Timur Tengah, kata kementerian tersebut sebagaimana dikutip KCNA.

Korea Utara juga mengecam "kebijakan satu negara Yahudi" dibandingkan "kebijakan solusi dua negara", dan mengkritik veto Amerika Serikat (AS) terhadap rancangan resolusi yang relevan di Dewan Keamanan PBB pada 18 April.

Korea Utara menegaskan kembali dukungan sepenuhnya terhadap perjuangan Palestina, menyerukan diakhirinya pendudukan ilegal Israel, dan pembentukan Palestina sebagai negara berdaulat yang merdeka.

Pada 10 Mei, Majelis Umum PBB menyetujui rancangan resolusi yang mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan kembali keanggotaan Palestina dan memberikan beberapa hak tambahan kepada Palestina.

Di mana Palestina saat ini berstatus negara pengamat non anggota PBB.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close