Korban Gempa Pasaman 6,2 Magnitudo, BNPB: 7 Orang Meninggal 85 Luka-luka

Nusantaratv.com - 26 Februari 2022

Gempa Pasaman mengakibatkan banyak rumah warga yang hancur dan rusak/ist
Gempa Pasaman mengakibatkan banyak rumah warga yang hancur dan rusak/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat diguncang gempa hebat berkekuatan 6,2 magnitudo pada Jumat (25/2/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, sumber gempa Sumbar berlokasi di 17 km timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 km.

Meski tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Namun dahsyatnya kekuatan gempa yang melanda wilayah Kabupaten Pasaman mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, korban luka dan kerusakan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban gempa Sumbar sebanyak 7 orang, sementara korban luka sebanyak 85 orang.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat Sumbar, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami!

"Data sementara mencatat total jumlah korban meninggal mencapai tujuh orang," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengutip CNNIndonesiacom.

Gempa juga memaksa warga harus mengungsi. Ada sebanyak 5.000 warga mengungsi di 35 titik. Abdul menyebut sebaran titik pengungsian berada di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali. 

"Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, para personel organisasi maupun relawan dan warga masih memfokuskan pada pencarian, penyelamatan dan evakuasi serta pelayanan terhadap warga yang terdampak," terang Abdul Muhari.

Sementara itu, terkait video di media sosial yang menunjukkan semburan lumpur panas. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur membenarkan bahwa semburan lumpur panas dipicu gempa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close