Kondisi Cuaca Cerah Ketika Pesawat SAM Air Hilang di Papua

Nusantaratv.com - 23 Juni 2023

Pesawat SAM Air. (Net)
Pesawat SAM Air. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air hilang kontak kala terbang dari Bandara Elelim ke Lapangan Terbang Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan. Tim SAR mengaku kondisi cuaca di lokasi cerah saat kejadian.

"Untuk cuaca di lapangan sampai sekarang cerah," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Jayapura Marinus Ohoirat, Jumat (23/6/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya sempat melakukan pencarian menggunakan pesawat tipe 100 PK-PVK. Tapi pencarian nihil hingga tim kembali pada pukul 15.25 WIT.

"Dengan menggunakan pesawat tipe 100 PK-PVK dan telah kembali pada 15.25 WIT dengan hasil masih nihil," jelas dia.

Tim SAR lalu kembali melakukan pencarian dengan menerjunkan helikopter. Tim yang menggunakan helikopter ini berangkat dari Wamena.

"Selanjutnya tadi diberangkatkan lagi pencarian kedua menggunakan helikopter dari Wamena untuk melakukan pencarian lagi tapi sampai saat ini pesawat belum kembali," kata dia.

Marinus mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi ulang setelah tim kedua kembali. Koordinasi tersebut untuk menentukan metode pencarian jika pesawat SAM Air belum ditemukan hari ini.

"Setelah sore nanti kami akan briefing lagi dengan teman-teman yang ada di sini untuk menentukan konsep pencarian besok lagi," jelas dia.

Sebelumnya, pesawat SAM Air dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan dari Bandara Elelim ke Lapangan Terbang Poik, Yalimo, Jumat (23/6/2023). Pesawat hilang kontak usai terbang pada pukul 10.00 WIT.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close