Kompolnas: Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Segera Dilakukan

Nusantaratv.com - 20 Juli 2022

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir J. (Net)
Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir J. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kompolnas ikut hadir dalam gelar perkara dengan kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, dalam laporan dugaan pembunuhan berencana. Kompolnas mengungkapkan autopsi ulang jenazah Brigadir J bakal segera dijadwalkan.

"Tindak lanjutnya adalah karena tadi dari pihak pengacara minta untuk ada ekshumasi gali kubur dan autopsi ulang maka akan segera dijadwalkan, ekshumasi akan segera dilaksanakan," ujar Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022).

Menurut Benny, autopsi ulang tersebut akan melibatkan tim forensik yang independen. Ini guna mewujudkan transparansi kepada keluarga maupun publik.

"Jadi nanti tim akan melibatkan forensik independen, tidak hanya dari Pusdokkes Polri tapi juga dari independen. Ini lah bentuk transparansi yang dilakukan," kata dia. 

Brigadir J tewas dalam baku tembak dengan Bharada E di rumah singgah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Insiden polisi tembak polisi itu terjadi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas kasus. Tim khusus ini dipimpin Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Komnas HAM dan Kompolnas turut disertakan dalam tim khusus tersebut. Kapolri menjamin proses penyelidikan, penyidikan, hingga temuan terkait kasus tersebut bakal disampaikan transparan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close