Komit, Nusantara TV Bagikan 3.000 Set Top Box Gratis untuk Masyarakat Bali dan Lampung Lewat PT Pos Indonesia

Nusantaratv.com - 08 Maret 2022

Pelepasan set top box bantuan Nusantara TV untuk masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung. (Adiantoro/NTV)
Pelepasan set top box bantuan Nusantara TV untuk masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung. (Adiantoro/NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Nusantara TV (NTV) berkomitmen membagikan 3.000 set top box (STB) gratis kepada masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung melalui PT Pos Indonesia mulai Rabu (9/3/2022).

Acara pelepasan set top box bantuan Nusantara TV ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Direktur Utama Nusantara TV Randy Monthonaro Tampubolon S.T., Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kemkominfo Marvel Situmorang, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, didamping Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon, dan perwakilan pabrik set top box Parlin Pasaribu, di Kantor Nusantara TV, Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat (Jakpus), pada Selasa (8/3/2022).

Acara pelepasan set top box itu juga dihadiri Presiden Komisaris NT Corp (Nurdin Tampubolon Corporation) Team Ahli Wakil Presiden (Wapres) RI Dr. Ir. Nurdin Tampubolon M.M. Dia mengatakan Nusantara TV sebagai penyelenggara multipleksing siaran TV digital sudah siap dalam membagikan set top box kepada masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung.

"Ini adalah tonggak penting peralihan dari TV analog ke TV digital yang dilakukan pemerintah. Nusantara TV akan membagikan set top box gratis kepada masyarakat sesuai dengan kesepakatan Nusantara TV dengan Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika)," ujar Nurdin Tampubolon disela-sela pelepasan set top box bantuan Nusantara TV, di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Pembagian set top box ini, kata Nurdin Tampubolon, akan membantu masyarakat dalam mendapatkan siaran TV digital dengan kualitas gambar dan suara yang terbaik. "Ini upaya penuh Nusantara TV dalam membantu masyarakat yang belum bisa membeli TV digital. Dan, apa yang kami lakukan juga bagian dari ikhtiar untuk mendukung ASO (analog swift off) di Indonesia. Nantinya masyarakat bisa menikmati TV digital dengan kualitas terbaik," lanjutnya.

Dia menambahkan pendistribusian set top box kepada masyarakat dilakukan melalui jaringan PT Pos Indonesia. "Kami menjadi penyelenggara multipleksing untuk Provinsi Bali dan Lampung. Dan mulai besok (Rabu, 9 Maret 2022) set top box ini sudah bisa dibagikan kepada masyarakat Bali dan Lampung dengan jumlah total 3.000 unit," tambah Nurdin Tampubolon.

Sementara itu, Direktur Utama Nusantara TV Randy Monthonaro Tampubolon S.T., mengatakan pelepasan set top box ini sebagai bentuk dukungan Nusantara TV bagi masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung agar bisa menikmati siaran TV digital. 

"Sebagai bentuk komitmen Nusantara TV di wilayah Bali dan Lampung, kami akan membagikan set top box yang difasilitasi PT Pos Indonesia kepada masyarakat yang masuk dalam kategori penerima layanan siaran TV digital," ungkap Randy Monthonaro Tampubolon.

Dia berharap pembagian set top box kepada masyarakat, terutama untuk wilayah Bali dan Lampung akan memberikan manfaat yang besar. "Mudah-mudahan ke depannya bagi penerima manfaat bisa menyaksikan tayangan TV digital dan mendapatkan manfaat lain dari turunan digital maupun pengembangan teknologi lainnya, seperti early warning system (sistem peringatan dini) yang bisa diterapkan di Indonesia," jelasnya.

Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kemkominfo Marvel Situmorang mengungkapkan pemberian set top box ini merupakan wujud komitmen Nusantara TV sebagai penyelenggara multipleksing kepada masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung.

"Nusantara TV menjadi penyelenggara multipleksing di Bali dan Lampung memiliki komitmen kuat dalam menyediakan dan mendistribusikan 3.000 set top box untuk kedua provinsi tersebut," imbuh Marvel Situmorang.

Pihaknya, kata dia, sangat mengapresiasi pelepasan set top box yang dilakukan Nusantara TV kepada masyarakat sebagai penerima manfaat layanan TV digital. "Nusantara TV bermitra dengan PT Pos Indonesia nantinya akan membagikan set top box ini. Namun, kami berharap untuk distribusi bantuan set top box ini tetap mendapatkan pengawasan secara ketat, sehingga masyarakat yang menjadi sasaran penerima sesuai dengan data yang diberikan Kemkominfo," tegasnya.

Diketahui, ASO tahap pertama akan dilakukan pada 30 April 2022. Sedangkan tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022. Marvel Situmorang berharap Nusantara TV bisa mendistribusikan set top box ini sebelum 30 April 2022. 

"Bali dan Lampung itu masuk tahap pertama. Jadi sebelum 30 April, Nusantara TV sudah harus mendistribusikan kepada rumah tangga yang memang menjadi sasaran penerima manfaat. Kami juga berharap kerjasama Nusantara TV dan PT Pos Indonesia akan berjalan sesuai harapan," imbuhnya.

Sedangkan Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menegaskan pihaknya sangat mendukung Nusantara TV dalam mendistribusikan set top box untuk masyarakat di Provinsi Bali dan Lampung. 

"Kami dipercayakan pemerintah (Kemkominfo) untuk menyalurkan set top box yang saat ini diarahkan untuk keluarga miskin di seluruh Indonesia," terang Faizal Rochmad Djoemadi.

Dia menyebutkan Nusantara TV menjadi penyelenggara multipleksing pertama yang menyalurkan set top box kepada masyarakat. "Diharapkan pada tahap pertama ini, set top box sudah bisa disalurkan kepada masyarakat sebelum 30 April. Begitu juga untuk tahap-tahap selanjutnya. PT Pos Indonesia sudah menyiapkan seluruh pasukan yang tersebar di seluruh nusantara menyalurkan sekitar 7,5 juta set top box," tegasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon. Dia berharap Nusantara TV bisa  memberikan warna bagi dunia penyiaran di Indonesia. 

"Kami sangat menyambut baik apa yang sudah dilakukan Nusantara TV selaku penyelenggara multipleksing lembaga penyiaran untuk menghadirkan satu siaran televisi digital di seluruh Indonesia, utamanya adalah untuk memberikan informasi yang benar dan menangkal penyebaran hoax," ujar Sondang Tiar Debora Tampubolon.

Dia juga berharap Nusantara TV memberikan layanan yang baik untuk mengedukasi masyarakat Indonesia. "Saat ini masyarakat mendapatkan pendidikan yang bisa diakses dari berbagai sumber, termasuk juga dari penyiaran digital," lanjutnya.

Selain menghibur dan mendidik, kata dia, lembaga penyiaran bisa memberikan dampak secara ekonomi bagi para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah). "Kami selaku Anggota DPR RI ingin mengajak semua stakeholder agar bisa bersinergi bersama-sama, baik dari pemerintah, pelaku usaha, dan lembaga penyiaran untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi negara," tuturnya. 

Terkait pembagian set top box ini, dia berharap masyarakat bisa menikmati siaran yang terbaik dari kualitas gambar maupun suara. "Semoga pembagian ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang menjadi sasaran penerima set top box ini," tukas Sondang Tiar Debora Tampubolon.

Dalam kesempatan itu, Nurdin Tampubolon menyerahkan buku 'Ma'rufnomics Ekonomi Baru Indonesia' kepada Faizal Rochmad Djoemadi dan Marvel Situmorang. Buku setebal 318 halaman yang ditulis oleh Nurdin Tampubolon ini menjelaskan dasar-dasar pemikiran mengenai arus baru ekonomi Indonesia (ABEI) untuk sinergitas pembangunan Indonesia, yang manfaatnya bisa dirasakan secara merata semua rakyat. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close