Kominfo, Komsos dan KWI Gelar Literasi Digital di Banjarmasin

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2023

Kegiatan Literasi Digital di Banjarmasin
Kegiatan Literasi Digital di Banjarmasin

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menggelar kegiatan Literasi Digital di Ballroom Hotel Tree-Park, Banjarmasin, Minggu 20 Agustus 2023 lalu.

Pada kegiatan Literasi Digital kali ini, sebanyak 256 peserta yang dihadir dari berbagai Paroki di kota Banjarmasin dan Banjarbaru, disuguhkan dengan tiga topik pembahasan, yakni Culture dan etika interaksi digital, Strategi jitu manfaatkan sosial media dan Cerdas menggunakan teknologi dan sosial media dalam mewujudkan algoritma kebangsaan.

Pangerapan B.Sc, M.M (Dirjen Aptika Kemkominfo RI), Semuel Abrijani mengatakan, teknologi digital makin berkembang pesat dan membawa kemajuan di berbagai bidang kehidupan manusia, diantaranya meningkatkan keamanan digital dan menghindari risiko seperti penipuan, phising dan pencurian identitas. Selain itu, literasi digital juga dapat membantu kita mengakses informasi dan memanfaatkan informasi tersebut dengan baik dan benar.

"Literasi digital merupakan kemampuan dasar yang wajib kita miliki agar kita dapat memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan efisien saat menggunakan teknologi tersebut khususnya dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari," kata Semuel Abrijani.

"Kemampuan memilih dan memilah informasi ini sangat krusial, terlebih dalam memasuki masa tahun politik dimana hoax dan miss-informasi bertebaran setiap harinya. Untuk itu, Kemkominfo mengemban amanat dari Presiden Jokowi untuk menjadi garda terdepan dalam percepatan transformasi digital bangsa Indonesia," sambungnya.

Semuel juga mengungkapkan bahwa upaya meningkatkan literasi digital akan terus dilakukan hingga ke seluruh pelosok negeri. "Harapannya, pengetahuan literasi digital yang didapat melalui acara ini dapat diteruskan pada orang-orang di sekitar kita agar bangsa Indonesia makin cakap digital untuk Indonesia terkoneksi," ujarnya.

Kegiatan literasi digital merupakan rangkaian Kerjasama KWI dengan Kominfo yang akan dilaksanakan di 10 kota. Di KWI, literasi digital merupakan kegiatan lintas komisi, yaitu: Komisi Komsos, Kerawam dan Kepemudaan.

Melalui literasi digital, kita diajak untuk terlibat dalam memberikan perhatian serius pada media social dan media komunikasi. Ini menjadi sarana bagi pewartaan dan nilai-nilai baru yang lebih baik dalam membangun dunia.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close